Indonesia vs Filipina: Jangan Sampai Mimpi Buruk 2014 Terulang!

INDONESIA menjalani duel hidup-mati di matchday kedua Grup A Piala AFF 2016 menghadapi Filipina pada Selasa (22/11/2016) malam WIB. Disebut duel hidup-mati karena menentukan kelanjutan Boaz Solossa dan kawan-kawan di turnamen tersebut.

Jika meraih kemenangan, Indonesia membuka asa untuk lolos ke semifinal. Sementara jika mengalami kekalahan, Indonesia dipastikan tersingkir dari turnamen dua tahunan tersebut.

Kondisi saat ini hampir mirip dengan kejadian dua tahun lalu. Indonesia diwajibkan menang saat berjumpa Filipina di matchday kedua Grup A Piala AFF 2014. Hal itu karena di partai pertama, Indonesia hanya bermain 2-2 kontra tuan rumah Vietnam.

Saat itu kondisinya, Indonesia harus menang untuk menjaga asa lolos ke semifinal. Sementara jika kalah, nasib Indonesia akan ditentukan di laga terakhir. Berkat keberhasilan menahan Vietnam serta selalu menang di lima pertemuan sebelumnya kontra Filipina di Piala AFF, membuat Firman Utina dan kawan-kawan datang ke lapangan dengan kepala tegak.

Namun tak disangka, The Azkals –julukan Filipina– menggila dan menggilas Indonesia dengan skor 4-0. Kekalahan itu memang masih menyisakan peluang bagi Indonesia untuk lolos ke semifinal. Caranya, Indonesia wajib mengalahkan Laos serta mengharapkan tuan rumah Vietnam yang telah mengoleksi 4 poin dari dua pertandingan ditumbangkan Filipina (6 poin).

Akan tetapi, harapan tidak sesuai kenyataan. Indonesia memang menang 5-1 atas Laos. Namun di saat yang bersamaan, Le Cong Vinh dan kawan-kawan menang 3-1 atas Filipina. Atas hasil itu, Indonesia tersingkir di fase grup Piala AFF 2014.

Kejadian itulah yang coba dihindari Indonesia di Piala AFF edisi kali ini. Setelah takluk 2-4 dari Thailand, Indonesia diharapkan mampu mengeluarkan kemampuan optimal untuk menang di dua laga sisa kontra Filipina dan Singapura. (*)

BERITA REKOMENDASI