Inggris Kepayahan Atasi Slovakia

TRNAVA (KRjogja.com) – Slovakia menjamu Inggris di laga perdana Kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup F Zona Eropa yang dilangsungkan di Stadion Antona Malatinskeho, Senin (5/9/2016) dini hari WIB. Inggris yang mendominasi laga sanggup memenangi pertandingan lewat gol tunggal Adam Lallana di pengujung pertandingan.

Hasil ini sekaligus memberikan kesan apik bagi manajer Timnas Inggris, Sam Allardyce. Laga melawan Slovakia merupakan pertandingan pertama mantan manajer West Ham United bersama The Three Lions.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Slovakia dan Inggris berada di grup yang sama pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa. Kedua negara tersebut tergabung di Grup F bersama Lithuania, Malta, Skotlandia dan Slovenia. Pertemuan ini merupakan yang kedua dalam kurun tiga bulan terakhir. Sebab di ajang Piala Eropa 2016, kedua negara tergabung di Grup C. Saat itu, kedua tim harus puas bermain 0-0.

Dengan modal yang didapat pada gelaran Piala Eropa lalu, kedua tim sepertinya sudah paham betul kelemahan dan kekuatan lawan. Terbukti, sama persis di pertandingan yang lalu, The Three Lions –julukan Inggris– lebih mendominasi pertandingan, sementara Slovakia lebih banyak menunggu.

Rapatnya pertahanan Slovakia membuat Inggris kesulitan mencetak gol. Bahkan, peluang pertama tim asuhan Sam Allardyce di laga kali ini baru tercipta pada menit 38. Harry Kane melepaskan tembakan yang membentur pemain belakang Slovakia.

Bola liar berhasil disambar Raheem Sterling, namun tembakannya masih melenceng tipis dari gawang Slovakia kawalan Kozacik. Selepas peluang tersebut, tidak ada kesempatan yang dapat dibuat kedua tim. Skor bertahan 0-0 hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Laga masih seperti di babak pertama. Inggris masih dominan, namun kesulitan menembus pertahanan Slovakia. Akan tetapi, serangan demi serangan yang dilancarkan Inggris membuat frustrasi kapten Slovakia, Martin Skrtel.

Pada menit ke-57, mantan pemain Liverpool tersebut menerima kartu kuning kedua usai menginjak engkel Harry Kane. Unggul jumlah pemain membuat Inggris meningkatkan intensitas serangan.

Di menit 64, Jordan Henderson memberikan umpan terukur kepada Adam Lallana. Namun, Lallana yang dalam kondisi bebas gagal memanfaatkan peluang setelah tembakannya melayang di atas mistar.

Tak kunjung mencetak gol, Allardyce memasukkan Theo Walcott dan Daniel Sturridge untuk menggantikan Sterling serta Kane. Namun, Kozacik tampil luar biasa sehingga peluang matang yang dicetak Inggris, salah satunya oleh Wayne Rooney, berhasil diamankan penjaga gawang Victoria Plzen itu.

Namun, di pengujung pertandingan atau ketika memasuki menit 94, Adan Lallana berhasil membobol gawang Slovakia. Gol bermula dari umpan silang Danny Rose yang ditahan bek Slovakia, bola liar berhasil disambar Lallana lewat sepakan kaki kirinya. Si kulit bulat sebenarnya dapat ditepis Kozacik, namun sayang bola terus bergulir dan masuk ke gawangnya. Skor berubah 1-0 dan bertahan hingga akhir laga.

Susunan Pemain:

Slovakia: Kozacik; Pekarik, Skrtel, Durica, Hubocan; Mak, Gregus, Pecovsky, Hamsik, Svento; Duris

Inggris: Hart; Walker, Cahill, Stones, Rose; Dier, Henderson (Alli 64’); Lallana, Rooney, Sterling (Walcott 71’); Kane (Sturridge 82’). (*)

 

BERITA REKOMENDASI