Iniesta-Guardiola Berpeluang Reuni di Manchester City

MANCHESTER (KRjogja.com) – Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, membuka peluang untuk melakukan reuni dengan mantan anak didiknya di Barcelona, Andres Iniesta. Seperti diberitakan The Mirror, Senin (5/3/2018), Guardiola berupaya mendaratkan Iniesta ke Etihad Stadium pada bursa transfer musim panas 2018.

Iniesta merupakan legenda hidup Barcelona. Ia adalah pemain jebolan akademi Barcelona yang naik ke tim senior dan berstatus sebagai pemain reguler per musim 2003-2004. Sejak saat itu, Iniesta telah tampil di 655 penampilan dengan koleksi 55 gol dan 139 assist.
Total, Iniesta telah menyumbangkan 30 trofi bagi publik Estadio Camp Nou. Bersama Lionel Messi, Iniesta jadi pesepakbola yang memberikan trofi terbanyak bagi Barcelona. Berkat pencapaian di atas, Iniesta pun diberikan penghormatan besar.

Pada Oktober 2017, Iniesta mendapatkan kontrak anyar. Tidak tanggung-tanggung, Iniesta mendapatkan kontrak seumur hidup dari Barcelona. Dengan kontrak tersebut, selama Iniesta mau membela Barcelona, ia diizinkan untuk berseragam klub yang telah menyabet lima trofi Liga Champions itu.

Mengenal betul kualitas Iniesta, membuat Guardiola tertarik mendatangkan gelandang berusia 33 tahun itu. Pengalaman jadi sesuatu yang dapat ditularkan Iniesta kepada skuad Man City, terutama soal menjuarai Liga Champions.

Dari sekira 25 pemain yang ada di skuad utama Man City musim ini, hanya Claudio Bravo yang pernah memenangi trofi Liga Champions. Namun, saat memenangi trofi Liga Champions 2014-2015 bersama Barcelona, Bravo saat itu hanya berstatus sebagai kiper pelapis Marc Andre ter Stegen.

Yaya Toure juga pernah mengantarkan Barcelona menjuarai Liga Champions 2008-2009. Namun, gelandang berpaspor Pantai Gading itu hanya berstatus sebagai pemain pelapis di Man City dalam dua musim terakhir.

Nantinya di skuad Man City, Iniesta bisa bergantian dengan David Silva untuk mengisi trio lini sentral Manchester Biru, mendampingi Kevin De Bruyne dan Ilkay Gundogan yang tampil impresif. Bahkan jika Man City ingin tampil ofensif, Iniesta, De Bruyne dan Silva dapat dimainkan secara bersamaan.

Peluang Iniesta melanjutkan karier di Man City cukup terbuka. Selain ingin mencari tantangan baru, bertahan di Barcelona tak menjamin posisi Iniesta sebagai pemain reguler. Sebab ia harus bersaing dengan rekrutan anyar Barcelona yang berusia delapan tahun lebih muda darinya, Philippe Coutinho. (*) 

BERITA REKOMENDASI