Inilah, Sejarah Penamaan Boxing Day di Liga Inggris

DESEMBER menjadi salah satu bulan terpadat bagi klub-klub Liga Inggris. Di saat semua kompetisi Eropa meliburkan diri untuk merayakan Natal, Liga Inggris tetap menggelar pertandingan yang dikenal dengan nama Boxing Day.

Bagi yang masih asing dengan istilah tersebut, Boxing Day sendiri sejatinya bukan istilah yang berasal dari dunia sepakbola. Boxing Day merupakan istilah dari salah satu hari libur nasional di Inggris yang jatuh setiap 26 Desember yang diperuntukkan bagi para pekerja di Negeri Ratu Elizabeth.

Selain itu, menurut banyak sumber, momen ini berasal dari tradisi pemberian hadiah dari para bangsawan, tuan tanah, hingga pemilik modal kepada pekerja yang masih masuk bekerja ketika Natal berlangsung. Boxing day ternyata juga dilakukan di seluruh negara persemakmuran seperti Kanada, Selandia Baru, hingga Australia. Biasanya, tradisi yang dilakukan adalah dengan mengadakan pertandingan olahraga, kumpul keluarga, maupun berbelanja di pusat perbelanjaan.

Di kompetisi Liga Inggris sendiri, setidaknya ada sebanyak 10 pertandingan yang digelar dalam satu hari. Kondisi ini menjadi pusat tontonan masyarakat pencinta sepakbola dunia. Sebab, di saat kompetisi lain beristirahat, Liga Inggris justru menggelar pertandingan.

Selain itu, beberapa pertandingan yang digelar juga menjadi pemasukan tambahan bagi pengiklanan dan hak siar Liga Inggris sendiri ke berbagai penjuru dunia. Secara komersial, ini juga merupakan pemasukan besar bagi klub-klub yang sedang bertanding.

Para pencinta sepakbola Inggris sendiri akan disuguhkan sembilan laga pada Boxing Day musim ini. Beberapa klub seperti Liverpool, Tottenham Hotspur, Man United, Chelsea, Leicester City, dan Arsenal bakal ikut memeriahkan Boxing Day 2019.

Berikut Jadwal Lengkap Boxing Day 2019:

19.30: Tottenham Hotspur vs Brighton & Hove Albion

22.00: AFC Bournemouth vs Arsenal

22.00: Aston Villa vs Norwich City

22.00: Chelsea FC vs Southampton FC

22.00: Crystal Palace vs West Ham United

22.00: Everton FC vs Burnley FC

22.00: Sheffield United vs Watford FC

00.30: Manchester United vs Newcastle United

03.00: Leicester City vs Liverpool

(*)

BERITA REKOMENDASI