Jalan Cepat Sumbang Lagi Medali Emas di SEA Games 2019

NEW CLARK CITY, KRJOGJA.com – Cabang olahraga (cabor) atletik kembali menyumbang satu keping medali emas buat Indonesia di SEA Games 2019. Hendro Yap berhasil merebut satu medali emas dari nomor jalan cepat 20 kilometer (km) pada partai final yang berlangsung di New Clark City Sports Center, Filipina, Senin (9/12/2019) pagi WIB.

Pria berusia 29 tahun itu berhasil finis tercepat dibandingkan tujuh atlet lainnya pada partai final. Hendro Yap melintasi garis finis dengan catatan waktu 1 menit 31,20 detik. Ia unggul tipis, yakni 0,180 detik dari runner-up asal Vietnam, Vo Xuan Vinh.

Itu merupakan emas keempat Hendro Yap dari empat SEA Games terakhir. Pria asal Medan, Sumatera Utara, tersebut sebelumnya mencatatkan hattrick pada nomor andalannya, yaitu jalan cepat 20 km, pada tiga SEA Games terakhir (2013, 2015, dan 2017).

Sumbangsih Hendro Yap memastikan cabor atletik total sudah memberikan empat medali emas untuk kontingen Indonesia. Total perolehan medali yang disumbangkan adalah empat keping emas, tiga perak, dan satu perunggu.

Perolehan medali kontingen Indonesia kini sudah menyentuh angka 67 keping emas, 62 perak, dan 79 perunggu. Raihan tersebut dipastikan bakal bertambah karena beberapa cabang olahraga lain, termasuk atletik, masih akan mempertandingkan sejumlah nomor.

Khusus untuk atletik, tambahan medali masih bisa diraih lewat 12 nomor yang dipertandingkan pada Senin (9/12/2019). Di tempat terpisah juga sedang berlangsung partai final cabor panahan pada nomor compound beregu putri antara Indonesia melawan Thailand. (*)

 

BERITA REKOMENDASI