Jika Mau Lolos, PSS Harus Raih Poin di Sisa Laga

SLEMAN, KRJOGJA.com – Langkah PSS untuk memenuhi target lolos empat besar dan meraih satu tiket Liga 1 agaknya semakin terasa berat. Di fase delapan besar meski baru laga kedua, skuad Super Elang Jawa masih berada di dasar klasemen dengan koleksi nilai 1.

Mungkin terlalu dini menyimpulkan akhir perjalanan PSS di liga kali ini karena baru dua laga dijalani dengan satu imbang dan satu kalah. Apalagi, tiga pertandingan home masih dimiliki PSS yang bukan tidak mungkin menentukan satu tiket semifinal.

Pelatih PSS Seto Nurdiantoro mengatakan paling tidak tiga laga kandang nanti PSS wajib meraih poin penuh. Pun ketika belum cukup, di laga away pasukan Elang Jawa harus berupaya mencuri poin paling tidak satu dari setiap kandang lawan.

“Memang menjadi lebih berat, kita wajib poin penuh di tiga laga kandang dan mungkin berusaha mencuri poin saat away nanti. Masih ada peluang, kita harus perjuangkan sampai akhir,” ungkapnya pada wartawan.

Laga terakhir di Banda Aceh menurut Kak Seto permainan belum berjalan sesuai rencana. Fokus hingga laga usai menurut dia masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dengan cepat mengingat tidak banyaknya waktu.

“Kami tadi (melawan Persiraja) sangat sulit di awal laga karena penyesuaian pada lapangan dan cuaca, di pertengahan menemukan pola, permainan bisa berkembang namun di 15 menit akhir kami kurang konsentrasi dan kecurian gol. Ini laga yang melelahkan dan perlu ada evaluasi dari segi permainan,” ungkapnya lagi.

Di laga melawan Persiraja Kak Seto tidak menampik apabila skema yang sedianya ingin diperagakan tidak berjalan sebagaimana mestinya. El Loco Gonzales dijaga dua pemain lawan yang membuat suplai bola tak pernah sampai hingga lini tengah dan sayap yang kurang maksimal menjadi titik penilaian ketika nanti kembali ke Sleman mempersiapkan laga home melawan Madura FC.

“Saya ingin dua wing muncul karena Gonzales sudah dipress dua lawan namun memang belum banyak muncul di pertandingan tadi (melawan Persiraja), tidak seperti biasanya. Di lini tengah kita juga banyak celah, juga di pertahanan. Ini yang perlu kita perbaiki,” tandas Kak Seto.

Apabila meraih tiga kemenangan di kandang maka tambahan sembilan poin akan didapatkan  PSS hingga membuat raihan poin menjadi 10, dengan catatan tidak bisa meraih poin di satu laga away. Meski begitu tampaknya PSS punya keuntungan karena jadwal dua laga home di akhir fase grup 8 besar yang mana bisa menjadi penentu langkah kedepan PSS. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI