Joao Felix, The Next Cristiano Ronaldo?

SETELAH era Cristiano Ronaldo, Tim Nasional (Timnas) Portugal belum lagi memiliki pemain yang levelnya mampu menyamai atau bahkan melewati sang legenda. Sempat ada Luis Nani, namun perlahan-lahan kualitas eks winger Manchester United itu ditelan bumi.

Padahal secara usia, umur Nani lebih muda satu tahun ketimbang Ronaldo yang masih eksis hingga kini. Setelah era Nani, ada sejumlah pemain asal Portugal yang digadang-gadang bakal menjadi penerus Ronaldo.

Beberapa di antaranya adalah Goncalo Guedes dan Bernardo Silva. Namun, level keduanya dinilai masih agak kesulitan untuk sekadar menyamai level Ronaldo yang telah mengemas lima trofi Ballon dOr tersebut. Akan tetapi, pada musim 2018-2019, muncul satu remaja asal Portugal yang mengentak persepakbolaan dunia.

Sosok yang dimaksud adalah bocah asal Viseu, yakni Joao Felix. Musim 2018-2019 adalah musim perdana Felix berstatus sebagai pesepakbola profesional. Setelah berjuang di tim akademi selama tiga tahun, akhirnya Felix naik pangkat berstatus sebagai pemain tim senior Benfica.

Hebatnya di musim pertama membela As Aguias –julukan Benfica, Felix langsung muncul sebagai pemain andalan. Terbukti dari 43 pertandingan di semua kompetisi, Felix dapat mengoleksi 20 gol dan 11 assist!

Bahkan saat Benfica menang 4-2 atas Eintracht Frankfurt di leg I perempatfinal Liga Eropa 2018-2019, Felix mencetak hattrick. Ia pun tercatat sebagai pemain termuda yang mencetak hattrick di Liga Eropa, tepatnya di usia 19 tahun dan 152 hari.

Fleksibilitas permainan adalah kelebihan yang dimiliki Felix. Kelincahan yang dimiliki membuat Felix dapat ditempatkan di semua posisi di lini depan, mulai dari second striker, winger kanan hingga winger kiri. Bakat besar yang dimiliki Felix pun menarik perhatian raksasa Spanyol, Atletico Madrid.

Tidak tanggung-tanggung, demi mendapatkan bocah yang belum genap berusia 20 tahun pada musim panas 2019, manajemen Atletico mengeluarkan 126 juta euro atau sekira Rp1,95 triliun! Nominal itu membuat Felix tercatat sebagai pesepakbola kedua termuda termahal saat ini, di bawah Kylian Mbappe yang dipermanenkan PSG seharga 180 juta euro (Rp2,79 triliun)

Tanda-tanda Felix bakal mengikuti jejak Ronaldo pun sudah terlihat. Ia telah melewati rekor Ronaldo, perihal gol perdana di Liga Champions. Saat Atletico menang 2-0 atas Lokomotiv Moskow di matchday kedua Grup D Liga Champions 2019-2020, Felix mencetak satu gol.

Itu merupakan gol perdana Felix di Liga Champions, yang mana ia mencatatkan diri di usia 19 tahun dan 326 hari. Ia unggul jauh dari Ronaldo yang baru mencetak gol perdana di Liga Champions pada musim 2006-2007, atau di usia 22 tahun dan 64 hari. Karena itu, jangan heran jika Felix bisa melanjutkan takhta Ronaldo nantinya.

 

 

BERITA REKOMENDASI