Kalah Dari Arema, PS Tira di Jurang Degradasi

BANTUL, KRJOGJA.com – PS Tira terjerembab ke posisi paling dasar klasemen Liga 1 2018 setelah kalah 0-1 dari Arema FC Minggu (2/12/2018) petang. Kini, posisi Tira semakin terancam degradasi setelah menyisakan dua laga away melawan PSMS dan Borneo FC. 

Di laga penting ini, Tira tak bisa menurunkan aalah satu legiun asingnya Dimitri Rekish yang mengalami cidera. Nil Maizar memilih memainkan Dimas Drajat sejak awal untuk mengisi posisi flank kiri. 

Pertandingan berjalan dengan tempo sedang di awal babak pertama. Peluang baru tercipta untuk PS Tira menit 11 saat Dimas Drajat melepaskan sepakan keras yang sayang masih mampu diantisipasi kiper Arema, Utam Rusdiana. 

Tim tamu Arema sendiri mulai panas lepas 10 menit pertandingan, di mana peluang bagi Singo Edan mulai tercipta. Menit 16, Hamka Hamzah mengeluarkan sepakan bebas cannonball yang mengarah ke gawang Tira, yang beruntung kali ini bisa diantisipasi dengan terbang oleh Angga Setiawan. 

Menit 33 Tira melakukan pergantian cepat memasukkan Ronny Sugeng dan menggantikan Wawan Febrianto. Lini tengah Tira terlihat kalah bersaing dengan Makan Konate, Hendro Siswanto dan Jayus Hariono yang membuat Nil berusaha memasukkan gelandang bertipe pengatur aliran bola. 

Laga berjalan cukup seru di akhir babak meski ritme berjalan sedang-sedang saja. Hamka Hamzah nyaris membuat tuan rumah terdiam saat sepak pojok melengkungnya mengelabuhi Angga Saputra yang beruntung masih menerpa mistar gawang. 

Tira sempat memperoleh peluang matang di akhir babak pertama melalui pemain asal Korea, Jeon Wooyoung. Namun sayang sepakan gelandang serang tersebut menyamping gawang Arema FC. Babak pertama pun ditutup dengan skor 0-0. 

Memulai babak kedua, Tira mengubah gaya permainan menjadi lebih menyerang. Area permainan berubah ke 2/3 area lawan yang membuat Arema kurang bisa mengembangkan strategi. 

Keasyikan menyerang, gawang PS Tira malah jebol menit ke-71 melalui gelandang serang Arema, Makan Konate. Kerjasama apik Sunarto dan Dendi Santoso diakhiri dengan sepakan terukur Konate dari dalam kotak penalti. Papan skor berubah 0-1 untuk tamu, Arema FC. 

Tira berusaha menyerang total setelah ketinggalan satu gol. Sansan Fauzi dimasukkan menggantikan Nufiandani pun Abu Bakr beberapa kali dipaksa maju untuk membantu penyerangan. 

Tensi pertandingan meningkat di menit-menit akhir, perpanjangan waktu 4 menit membuat Tira berusaha mencetak gol sementara Arema mampu melakukan serangan balik cepat yang juga mampu mengancam pertahanan tuan rumah. 

Tak ada gol tercipta hingga wasit Handri Kristanto asal Jawa Tengah meniup peluit pertandingan usai. Tira harus mengakui keunggulan Arema FC dengan skor 0-1. 

Kekalahan kali ini semakin mengubur Tira lebih dalam di zona degradasi Liga 1. Dengan poin 36, kini Tira berada di dasar klasemen di bawah Perseru dan PSMS Medan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI