Kalah di Kandang dari Basel, Man City Lolos Perempatfinal Liga Champions

MANCHESTER (KRjogja.com) – Satu tiket lolos ke perempatfinal Liga Champions 2017-2018 diamankan klub asal Inggris, Manchester City. Tim asuhan Josep Guardiola itu unggul 5-2 secara agregat akhir atas FC Basel meski kalah di leg kedua dengan skor 1-2 di Emirates Stadium, Kamis (8/3/2018) dini hari WIB.

Sejak awal pertandingan, Man City langsung menggempur pertahanan Basel. Di menit dua, Danilo memberikan umpan kepada Gabriel Jesus, tetapi serangan itu masih bisa dimentahkan kiper Basel, Tomas Vaclik.

Dua menit berselang, giliran Leroy Sane menciptakan peluang untuk menjebol gawang Basel. Namun, usaha pemain berpaspor Jerman itu juga tak berhasil lantaran Vaclik menangkap bola di tiang dekat.

Tak lama kemudian, The Citizens -julukan Man City- langsung membuka keunggulan cepat di menit delapan. Jesus sukses menyarangkan gol ke gawang Basel usai menerima umpan dari Bernardo Silva. Tim tuan rumah unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, Basel pun bereaksi dengan membangun serangan balik. Di menit 10, Oberlin mencuri bola dari Zinchenko dan melepaskan tembakan keras, tetapi belum mengenai sasaran ke gawang Claudio Bravo.

Tujuh menit kemudian, Basel berhasil menyamakan kedudukan melalui aksi Mohamed Elyounoussi. Ia melepaskan tembakan keras ke gawang Man City. Skor pun berubah menjadi 1-1 bagi kedua tim.

Di menit 29, Man City memiliki peluang emas saat Sane menerima bola di dalam kotak penalti. Namun, Vaclik datang untuk menutup ruang tembak. Sane berikan bola ke Ilkay Gundogan, tetapi justru diblok Frei.

Kedua tim terus saling melancarkan serangan, tetapi tak ada gol tambahan hingga turun minum. Man City imbang 1-1 melawan Basel di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Man City dan Basel sama-sama meningkatkan intensitas serangan. Kedua tim membangun serangan dari berbagai arah guna menambah pundi-pundi gol.

Di menit 70, Basel justru membalikkan keadaan usai Michael Lang mencetak gol ke gawang Man City. Ia berhasil memanfaatkan umpan dari Elyounoussi. Basel pun berbalik unggul atas tim tuan rumah.

Kedua tim tak mampu menambah gol hingga peluit panjang dibunyikan wasit. Basel akhirnya merebut kemenangan di markas Man City dengan skor akhir 1-2. Namun, hasil tersebut tak menggoyahkan The Citizens melangkah ke babak 8 besar Liga Champions musim ini dengan agregat 5-2 atas Basel. (*)

BERITA REKOMENDASI