Kejutan, Crystal Palace Kandaskan Chelsea

LONDON, KRJOGJA.com – Pemimpin klasemen sementara Liga Inggris 2016-2017, Chelsea di luar dugaan tumbang dari Crystal Palace dengan skor 1-2 dalam laga pekan-30 di Stamford Bridge, Sabtu (1/4/2017) malam WIB.

Chelsea sejatinya mampu unggul cepat di menit kelima lewat Cesc Fabregas. Namun, Palace secara luar biasa mampu mencetak dua gol balasan lewat Wilfried Zaha di menit sembilan dan Christian Benteke di menit 11.

Dengan kekalahan Chelsea ini, Tottenham Hotspur yang ada di peringkat kedua pun sukses menipiskan gap. Spurs kini hanya terpaut tujuh poin dari The Blues, dengan sembilan laga tersisa musim ini. Spurs mampu menang 2-0 di kandang Burnley di saat yang bersamaan.

Babak Pertama

Chelsea langsung menekan saat wasit Craig Pawson meniup peluit babak pertama dimulai. Hal itu pun langsung membuahkan hasil untuk kubu tuan rumah.

Berawal dari pergerakan Eden Hazard di sisi kanan pertahanan Palace, sang winger yang saat itu menggiring bola masuk ke jantung pertahanan lawan, memberikan bola datar ke Fabregas yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh mantan pemain Barcelona itu. Chelsea memimpin 1-0.

Tertinggal satu gol, membuat anak asuh Big Sam seperti tersengat. Mereka pun langsung membalasnya dengan gol cepat yang dicetak oleh Wilfred Zaha, empat menit pasca gol yang dibuat oleh Fabregas.

Mantan winger Manchester United ini menerima umpan dari Christian Benteke, yang kemudian mampu ia konversi menjadi sebuah gol. Kedudukan sama kuat 1-1.

Menyamakan kedudukan membuat Palace seakan menggila. Hasilnya dua menit berselang, Benteke mampu membuat sang tamu unggul. Penyerang Timnas Belgia itu lolos dari kawalan bek Chelsea setelah menerima umpan dari Zaha, dan memperdaya Thibaut Courtois dengan men-chip bola. Palace memimpin 2-1.

Setelah itu, Chelsea yang tak ingin menangggung malu, terus menggempur pertahanan The Eagles. Namun kedudukan 2-1 untuk tim tamu bertahan hingga half-time.

Babak Kedua

Tertinggal satu gol atas tim tamu, membuat anak asuh Antonio Conte bermain menyerang sejak peluit babak kedua dimulai. Tercatat hingga menit 50 tuan rumah mendominasi jalannya pertandingan dengan keunggulan ball possession 66%.

Diego Costa hampir membawa Chelsea menyamakan kedudukan pada menit 53. Namun sayang, tendangan kerasnya masih mampu dihalau oleh kiper Palace, Wayne Hennessey.

Setelah itu, giliran tendangan Hazard, yang dapat dimentahkan oleh Hennessey di menit 60. Tendangan attacker Timnas Belgia itu berhasil dimentahkan oleh sang kiper, yang terus membuat frustasi tim tuan rumah.

Terus menekan, Chelsea justru seakan kehilangan kendali pada lini belakang mereka. Terbukti Zaha mampu menciptakan peluang di menit 61. Namun sayang, tendangan sang winger masih belum menemui jala gawang.

Tambahan waktu hingga delapan menit di penghujung babak kedua tak mampu dimaksimalkan oleh The Blues. Kekalahan ini menjadi kekalahan kedua mereka di kandang dalam ajang Liga Inggris musim ini, setelah sebelumnya takluk dengan skor yang sama oleh Liverpool pada September 2016.

Susunan Pemain:

Chelsea: Courtois; Azpilicueta, Luiz, Cahill; Pedro, Kante, Matic/Willian, Marcos Alonso/Batshuayi; Fabregas/Loftus-Cheek, Hazard; Diego Costa.

Crystal Palace: Hennessey; Ward, Tomkins/Dann/Delaney, Sakho, Schlupp; Milivojevic, Cabaye; Zaha, Puncheon, Townsend/Kelly; Benteke. (*)

BERITA REKOMENDASI