Kemenpora Bakal Bantu Pemulangan Shin Tae-yong

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sekretaris Kemenpora, Gatot Dewa Broto, siap membantu jika ada kendala pemulangan manajer pelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong, ke Tanah Air. Gatot mengatakan Kemenpora akan membantu dengan senang hati hal di atas, terlebih ini ada sangkut pautnya dengan prestasi Timnas Indonesia.

Sejauh ini belum diketahui secara pasti alasan pasti kenapa Shin Tae-yong belum kunjung tiba di Indonesia. Padahal, terhitung sejak 3 April 2020, Shin Tae-yong bersama empat asisten pelatihnya yakni Kim Hae-woon, Ko Gyun-gyun, Woo Jae-kim, dan Jae-hong Lee pulang ke Korea Selatan.

Beredar kabar, sulitnya Shin Tae-yong pulang ke Indonesia karena adanya Peraturan Menteri Hukum dan Ham (Permenkumham) Nomor 11 Tahun 2020 tentang pelarangan sementara orang asing masuk wilayah Republik Indonesia. Alasan penerbitan aturan itu untuk mencegah penyebaran virus corona di Tanah Air.

Peraturan itu mulai berlaku sejak 2 April 2020 dan hingga kini belum kunjung dicabut. Karena itu, jika peraturan itu yang menganggu kepulangan Shin Tae-yong ke Tanah Air, Kemenpora siap membantu dengan senang hati.

“Seandainya Tae-yong terhalang dengan peraturan tersebut, kami akan membantu dengan senang hati. Saya kemudian berkomunikasi dengan Deputi 1 Gugus Tugas COVID-19, apakah peraturan itu masih berlaku, ternyata masih. Lalu saya berkomunkasi dengan pak Iwan (Wakil Ketua Umum PSSI) dan beliau terkejut,” kata Gatot kepada awak media.

“Saya khawatir kalau hanya lihat judul peraturan itu saja, memang mengagetkan. Tulisannya larangan sementara. Namun, kalau dilihat rinciannya, di bawah itu, menteri atau lembaga punya diskresi untuk membantu,” lanjut Gatot.

BERITA REKOMENDASI