Kemenpora Minta Kongres PSSI Dipindah ke Yogyakarta

JAKARTA (KRjogja.com) – Kementerian Pemuda dan Olahraga tidak akan memberikan rekomendasi penyelenggaraan Kongres PSSI yang telah ditetapkan digelar di kota Makassar. Pemeintah minta agar kongres yang dijadwal pada 17 0ktober 2016 itu dilansungkan di kota Yogyakarta.

Hal ini tertuang dalam surat Kemenpora bernomor S 2844/MENPORA/IX/2016 tertanggal 9 September 2016 yang ditujukan pada Plt. Ketua Umum Persatuan Sepakboa Seluruh Indonesia.  "Searah dengan harapan pemerintah, rekomendasi hanya akan diberikan seandainya pelaksanaan Kongres PSSI tersebut diselenggarakan di Yogyakarta dengan alasan sebagai wujud reformasi PSSI untuk kembali ke titik nol mengingat Yogyakarta adalah tempat lahirnya PSSI," demikian bunyi surat yang ditandatangani Menpora, Imam Nahrawi, tersebut. 

Masih menurut Imam dalam suratnya, penunjukan Yogyakarta sebagai tempat penyelenggaraan Kongres merupakan momentum reformasi total persepakbolaan nasional Indonesia dengan memperhatikan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional beserta peraturan pelaksanaannya.

Sementara itu Deputi IV Kemenpora Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Gatot Dewa Broto mengatakan, rekomendasi tidak akan dikeluarkan jika kongrees tidak dipindahkan ke Yogyakarta. Jadi tidak ada alasan lain kecuali masalah kota tempat penyelenggaraan. Kemenpora mengharuskan penyelenggaraan kongres digelar di Yogyakarta. (Fon)

BERITA REKOMENDASI