Kesulitan Gaet De Gea, Madrid Beralih ke Donnarumma

MADRID (KRjogja.com) – Real Madrid mulai menyerah dalam usaha mendatangkan kiper Manchester United, David de Gea. Seperti diberitakan Don Balon, Kamis (29/3/2018), The Red Devils –julukan Man United– menghentikan perburuan kepada De Gea dan beralih ke penjaga gawang AC Milan, Gianluigi Donnarumma.

Peluang Los Blancos –julukan Madrid– mendapatkan Donnarumma lebih besar ketimbang mendaratkan De Gea ke Santiago Bernabeu. Apalagi, jika Milan gagal tampil di Liga Champions 2018-2019, peluang Madrid semakin besar untuk mendatangkan penjaga gawang berusia 19 tahun tersebut.

Sekadar diketahui, Donnarumma memiliki keinginan besar untuk tampil di Liga Champions, kompetisi yang belum pernah dijajaki sebelumnya. Hal itu karena semenjak Donnarumma naik ke tim utama Milan pada 2015-2016, Rossoneri –julukan Milan– belum memiliki kesempatan untuk tampil di kompetisi antarklub Eropa paling prestisius itu.

Kiprah terakhir Milan di Liga Champions ialah pada 2013-2014. Saat itu, langkah Milan terhenti di 16 besar setelah dikalahkan Atletico Madrid dengan agregat 1-5. Kembali ke Donnarumma. Bersama Milan musim ini, kiper bertinggi badan 196 sentimeter itu tampil lumayan. Dari 42 penampilan di semua kompetisi, Donnarumma mencatatkan 19 clean sheet.

Berkat performa konsisten bersama Milan, Donnarumma rutin dipanggil Timnas Italia, meski belum ditunjuk sebagai kiper utama. Saat ini, Donnarumma masih menjadi back up dari penjaga gawang veteran milik Juventus, Gianluigi Buffon.

Akan tetapi diyakini, ketika Buffon nantinya memutuskan gantung sepatu, posisi penjaga gawang utama Gli Azzurri –julukan Italia– bakal jatuh ke pelukan Donnarumma. Sementara itu, untuk mendapatkan Donnarumma, Madrid menyiapkan 50 juta euro atau sekira Rp847 miliar.

Harga itu sudah di atas klausul lepas Donnarumma. Menurut perjanjian yang ada saat memperpanjang kontrak, klausul lepas Donnarumma hanya 40 juta euro atau setara Rp678 miliar jika Milan gagal lolos ke Liga Champions musim depan.

Sementara itu jika Milan ambil bagian di Liga Champions musim depan, klausul lepas Donnarumma meningkat menjadi 70 juta euro atau setara Rp1,18 triliun. Karena itu bisa dibilang, peluang Madrid mendapatkan Donnarumma cukup terbuka. (*)

BERITA REKOMENDASI