Ketimbang Chelsea, Enrique Pilih Latih Arsenal

BARCELONA (KRjogja.com) – Pelatih asal Spanyol, Luis Enrique, dilaporkan tertarik menangani Arsenal per musim 2018-2019. Seperti diberitakan Don Balon, Senin (19/3/2018), Lucho –sapaan akrab Enrique– lebih tertarik melatih Arsenal ketimbang membesut Chelsea yang sebelumnya gencar diberitakan mengincar mantan juru taktik Barcelona tersebut.

Enrique sebelumnya gencar dikaitkan dengan The Blues –julukan Chelsea. Pelatih berusia 47 tahun itu disiapkan untuk menggantikan juru taktik Chelsea saat ini, Antonio Conte, yang kerap terlibat friksi dengan manajemen.

Bahkan Enrique sempat disebut-sebut siap membawa mantan anak asuhnya di Barcelona, Luis Suarez, ke Stamford Bridge pada bursa transfer musim panas 2018. Akan tetapi melihat perkembangan terkini, Enrique enggan melanjutkan karier bersama Chelsea. Hal itu karena Enrique tak mau meneruskan “warisan” dari mantan pelatih Chelsea, Jose Mourinho.

Warisan di sini bukan pemain-pemain Chelsea, melainkan tradisi pemecatan yang ada di klub asal London Barat tersebut. Sekadar diketahui, tak ada pelatih yang sanggup bertahan di Chelsea selama tiga musim, setelah Mourinho melakukannya di periode pertama melatih Chelsea (2004-2007). Bahkan Roberto Di Matteo yang mempersembahkan trofi Liga Champions pertama bagi Chelsea, hanya bertahan selama delapan bulan.

Karena itu, Enrique disebut-sebut lebih tertarik menangani Arsenal. Hal itu demi kelanggengan kariernya sebagai pelatih. The Gunners –julukan Arsenal– dikenal sebagai klub yang kerap memercayai sang pelatih dalam waktu lama. Ambil contoh Arsene Wenger. Juru taktik berpaspor Prancis itu hampir 22 tahun menangani Arsenal, meski sejak 2004 tak lagi memberikan trofi Liga Inggris bagi klub asal London Utara tersebut.

Jika benar Enrique datang, hal itu berarti Wenger akan terdepak dari posisinya sebagai pelatih Arsenal. Kontrak The Professor –julukan Wenger– bersama Arsenal sedianya masih tersisa hingga 30 Juni 2019, namun bukan tak mungkin masa baktinya akan dipercepat. Hal itu karena musim ini Arsenal tak mampu bersaing di Liga Inggris dan gagal menjadi kampiun di ajang Piala Liga Inggris dan Piala FA.

Bahkan jika Arsenal tidak menjuarai Liga Eropa musim ini, sulit bagi Arsenal untuk lolos ke Fase Grup Liga Champions 2018-2019. Karena itu, jangan heran jika pada akhirnya posisi Wenger nantinya digantikan Enrique. (*)

BERITA REKOMENDASI