Ketum PSSI Restui Timnas Indonesia TC di Korea Selatan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, merestui permintaan manajer pelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong, yang ingin membawa skuad U-19 menjalani training center (TC) di Korea Selatan. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu paham, jika TC digelar di Korea Selatan, skuad Garuda Nusantara –julukan Timnas Indonesia U-19– bisa mendapatkan lawan latih tanding yang berkualitas.

Tarik ulur sempat terjadi antara Shin Tae-yong dengan PSSI. Sejak awal, Shin Tae-yong meminta agar TC Timnas Indonesia U-19 yang dipersiapkan tampil di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 2021 digelar di Korea Selatan. Alasannya selain di Korea Selatan banyak klub berkualitas, jumlah kasus virus corona di sana tidak setinggi di Indonesia.

Dengan memiliki lawan yang berkualitas, Timnas Indonesia U-19 praktis mendapatkan banyak pengalaman sebelum turun di kompetisi yang sebenarnya. Dalam kondisi normal atau tidak ada virus corona, Timnas Indonesia U-19 bisa saja mengundang sejumlah tim mapan ke Tanah Air.

Namun, keistimewaan di atas tidak dapat dilakukan di tengah pandemi virus corona. Hal itu karena sejumlah penerbangan internasional dibatasi demi meminalisir penyebaran virus corona.

Karena itu, satu-satunya cara agar Timnas Indonesia U-19 mendapatkan lawan uji tanding yang berkualitas dengan menggelar pemusatan latihan di Negeri Ginseng. Namun, TC di Korea Selatan baru bisa dimulai setelah Timnas Indonesia U-19 merampungkan pemusatan latihan di Jakarta.

BERITA REKOMENDASI