Klopp Pernah Tolak Man United karena Dianggap Terlalu Komersil

LIVERPOOL, KRJOGJA.com – Sebelum menjadi manajer Liverpool, Jurgen Klopp ternyata pernah dilirik oleh manajemen Manchester United. Hal itu disampaikan langsung oleh legenda Liverpool, Robbie Fowler. Akan tetapi, tawaran tersebut ditolak mentah-mentah oleh Klopp.

Hal itu terjadi pada 2013 saat Man United baru ditinggal pensiun Sir Alex Ferguson dan tengah mencari manajer baru. Nama Klopp pun masuk sebagai kandidat terkuat. Kendati demikian, Klopp tidak senang dengan filosofi yang dianut manajemen Setan Merah lantaran terlalu fokus pada pengaruh komersil.

Menurutnya, bukanlah suatu hal yang bagus jika sebuah klub hanya berfokus pada uang dan pengaruh komersil. Karena ia menganggap sebuah klub harus dijalankan secara seimbang. Itulah yang kemudian menjadi salah satu alasannya bergabung dengan Liverpool pada 2015.

“Saya melakukan wawancara dengannya beberapa tahun yang lalu dan dia mengatakan kepada saya dia menolak beberapa klub super kaya setelah Dortmund – salah satunya pastinya Manchester United, yang lain mungkin Real Madrid – karena dia benci bagaimana mereka hanya berfokus pada pengaruh komersil,” beber Fowler, mengutip dari Mirror, Senin (14/10/2019).

“Dia mengatakan dia menyukai Liverpool karena mereka memiliki keseimbangan antara uang yang dibutuhkan untuk mencapai puncak dan sejarah serta identitas klub dan penggemar mereka,” lanjut Fowler.

Selama empat musim lebih menangani Liverpool, Klopp sejatinya telah berhasil mengantarkan The Reds kembali ke jalur kejayaan setelah beberapa tahun mengalami masa-masa tidak konsisten. Kini, Liverpool menjadi salah satu klub yang disegani di Eropa, utamanya setelah mereka menjuarai Liga Champions 2018-2019.

 

 

BERITA REKOMENDASI