Klopp Pesimis Bisa Ikuti Jejak Ferguson dan Wenger

LIVERPOOL (KRjogja.com) – Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengaku tak yakin dapat mengikuti jejak karier Sir Alex Ferguson dan Arsene Wenger sebagai pelatih. Hal yang membuat Klopp tak yakin bukanlah raihan gelar, melainkan melatih satu klub dalam waktu lama.

Sekadar diketahui, Fergie –sapaan akrab Ferguson– dan Wenger tercatat sebagai pelatih terlama yang pernah menangani klub Liga Inggris. Fergie melatih Manchester United selama 27 tahun (1986-2013), sedangkan Wenger saat ini sudah 21 tahun (1996-2017) mengarsiteki Arsenal.

Sementara itu, Klopp sudah dua tahun melatih The Reds –julukan Liverpool. Sebelum melatih Liverpool, Klopp menangani dua klub Jerman, FSV Mainz dan Borussia Dortmund. Uniknya bersama dua klub itu, Klopp sama-sama melatih selama tujuh tahun.

“Tinggal di sini (Liverpool) selama 20 tahun? Saya tidak tahu. Sejauh ini, saya paling lama melatih sebuah klub ialah tujuh tahun. Setelah tahun ketujuh, saya merasa harus pergi. Beberapa minggu lalu, saya melihat statistik bahwa saya tercatat sebagai pelatih terlama yang pernah menangani Mainz dan Dortmund,” kata Klopp mengutip dari Daily Star, Jumat (22/12/2017).

“Saya pikir tak ada seorang pun yang berpikir dapat menyamai karier seperti Alex Ferguson atau Arsene Wenger. Hal itu karena media saat ini sangat kejam,” lanjut pelatih berpaspor Jerman itu.

Saat ini, Bob Paisley tercatat sebagai pelatih terlama yang menangani Liverpool, yakni sembilan tahun (1974-1983). Jika Klopp hanya tujuh tahun melatih Liverpool layaknya saat menangani Mainz dan Dortmund, pelatih berusia 50 tahun itu otomatis gagal melewati rekor Paisley yang tercatat memberikan enam trofi Liga Inggris dan tiga gelar Liga Champions untuk publik Anfield.

“Agak sulit untuk mencetak rekor sebagai pelatih di Liverpool. Saya tidak tahu berapa lama saya akan melatih,” tutup pelatih yang membawa Liverpool lolos ke final Piala Liga Inggris dan Liga Eropa 2015-2016 itu. (*)

BERITA REKOMENDASI