KONI Hibahkan Rp 500 Juta untuk Operasional Liga Internal dan Kontrak Pemain

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – KONI Kabupaten Karanganyar mempersilakan Askab PSSI dan Persika menggalang dana sponsor untuk mengatasi kebutuhan keuangannya. Sejauh ini, KONI telah menghibahkan Rp 500 juta guna keperluan operasional persepakbolaan Karanganyar di bawah naungan Askab PSSI.

Ketua KONI Karanganyar, Sumarno berharap besaran hibahnya mampu menstimulasi progres signifikan. Sejauh ini, dana tersebut dipakai Askab untuk menyelenggarakan liga internal dan membiayai perekrutan pemain Persika. Termasuk di dalamnya membeli kaus jersey, mengupah pelatih dan pengadaan mes.

“Ada 78 klub yang berlaga di lima lapangan sampai 18 November 2020. Dari situ, Askab PSSI mengambil pemain terbaik untuk memperkuat squad Persika. Hibah dari APBD itu Rp 500 juta. Penggunaan dananya juga untuk membayar gaji pemain Persika selama 4 bulan sampai liga tiga Jawa Tengah,” katanya kepada KRJOGJA.com, Jumat (25/09/2020).

Seluruh penggunaan dana hibah itu diserahkan ke Askab dengan didasarkan pertimbangan internalnya. PSSI juga dipersilakan menggalang dana sponsor.

Sementara itu Ketua PSSI Karanganyar sekaligus ketua Persika, Prihanto memastikan para pemainnya telah terikan kontrak. Besaran nilai kontrak tiap pemain berlainan. Besar kemungkinan jumlah pemain ditambah sesuai kebutuhan.

“Ada yang dikontrak Rp 1,5 juta sampai Rp 3 juta perbulan. Sebelumnya dibayar 50 persen dulu. Tapi sekarang sudah penuh,” katanya.

Ia menolak menjawab lebih jauh sumber pembiayaan operasional Persika. Alasannya, itu urusan rumah tangga yang tak patut dijadikan konsumsi publik. Pria yang juga menjabat Kepala Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Tirta Lawu ini memastikan pemain diberikan haknya secara utuh.

Bahkan sebagian pemain yang sebelumnya membela klub atau daerah di luar Karanganyar, bersedia menanggalkan statusnya itu lalu bergabung di Persika. “Syaratnya ber-KTP Karanganyar karena kita butuh putra daerah bertalenta,” katanya.

Usai peluncuran logo Persika berikut memperkenalkan para pemain dan pelatih, manajemen tengah menyeriusi perbaikan kualitas pemain. Beberapa laga uji coba dengan klub tetangga belum memuaskan hasrat menciptakan kesebelasan yang diidam-idamkan.

Pelatih Kepala Persika Aris Budi Sulistyo mengatakan tersisa sedikit waktu menuju liga tiga Jawa Tengah, untuk bisa menggembleng para pemainnya. “Praktis hanya ada waktu 1,5 bulan setelah perekrutan pemain, jelang pertandingan liga tiga. Pemain Persika butuh banyak latihan dan uji coba untuk memantapkan mentalnya,” katanya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI