Laga Balas Dendam! Indonesia Bertemu Vietnam Lagi

FILIPINA, KRJOGJA.com – Tim Nasional (Timnas) Indonesia berpeluang meraih medali emas cabang olahraga (cabor) sepakbola SEA Games XXX/2019 setelah melaju ke final usai mengatasi Myanmar dengan skor 4-2 dalam duel yang berlangsung 120 menit, Sabtu (7/12/2019) sore WIB di Rizal Memorial Stadium Manila.  

Vietnam menjadi lawan Indonesia di final yang akan berlangsung Selasa (10/12/2019) malam, setelah menaklukkan Kamboja dengan skore 4-0. Indonesia berpeluang menuntut balas atas kekalahan 1-2 dari Vietnam pada babak penyisihan Grup B.

Menghadapi Myanmar, Indonesia mendominasi jalannya laga. Lewat serangan-serangan dari sisi sayap, Indonesia beberapa kali memberikan ancaman serius. Setidaknya ada tiga peluang emas didapat Indonesia di babak pertama melalui sepakan Evan Dimas serta dua sundulan Osvaldo Haay, namun tidak berbuah gol. Hingga babak pertama berakhir, skore 0-0. 

Babak kedua, tekanan Indonesia kian bertaji. Gol yang dinantikan Indonesia berbuah menit ke 58. Umpan tarik Egy Maulana Vikri disambar dengan baik oleh Evan Dimas yang tak terkawal. Sepakan pemain Barito Putera ini membawa Indonesia unggul 1-0. 

Menit ke 71, Indonesia menggandakan keunggulan. Egy Maulana Vikri melesakkan gol dengan sundulan memanfaatkan umpan tendangan bebas dari Bagas Adi. Saat unggul dua gol, Indonesia terlena. Myanmar mampu mencetak dua gol untuk menyakaman kedudukan. Dalam tempo satu menit, dua gol dilesakkan Myanmar melalui Aung Kaung menit 79 dan Win Naing Tun semenit berselang, untuk menyamakan skore 2-2. Skore imbang bertahan hingga waktu normal berakhir dan memaksa adanya tambahan waktu. 

Pada babak ini, Indonesi berhasil memanfaatkan fisik Myanmar yang mulai kendur dengan umpan-umpan panjang. Menit 102, Osvaldo Haay membawa Indonesia kembali unggul memanfaatkan umpan silang Asnawi Mangkualam. Unggul 3-2, tekanan Indonesia tak menurun. Indonesia mencetak gol tambahan melalui Evan Dimas menit 114 mengubah skore menjadi 4-2.(Yud)

BERITA REKOMENDASI