Libas Sevilla, Barca Juara Supercopa De Espana

BARCELONA (KRjogja.com) – Barcelona akhirnya berhasil mengukuhkan diri sebagai kampiun Supercopa de Espana 2016 setelah mengalahkan Sevilla dengan skor 3-0 pada leg kedua yang berlangsung di Camp Nou, Kamis (18/8/2016) dini hari WIB. Dengan kemenangan tersebut, artinya armada Luis Enrique berhak atas gelar juara dengan keunggulan agregat 5-0.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Barcelona yang memiliki modal kemenangan 2-0 di leg pertama, membuat Luis Enrique melakukan beberapa rotasi. Keempat pemain yang didatangkan pada bursa transfer musim panas ini langsung diturunkan sejak menit pertama.  

Meski tampil dengan lapis kedua, nyatanya tidak membuat penampilan Barca menurun. Buktinya, pertandingan baru berjalan 10 menit, publik tuan rumah sudah bergemuruh menyambut gol Arda Turan. Memanfaatka umpan terobosan Lionel Messi, mantan pemain Atletico Madrid itu sukses menaklukan Sergio Rico.

Berselang tujuh menit, giliran Messi yang menebar ancaman ke tim tamu. Menerima umpan tarik dari Aleix Vidal, La Pulga langung melepaskan tembakan first time namun sayang masih tipis menyamping di kanan gawang.

Sevilla mendapat peluang emas untuk menyamakan kedudukan di menit 33 melalui titik putih. Namun, Iborra yang maju sebagai algojo gagal menunaikan tugas sebab arah tendangannya mampu dibaca dengan baik oleh Bravo.

Tidak banyak peluang yang terjadi setelahnya. Kedua tim masih kesulitan untuk mencetak gol. Hingga babak pertama usai, skor masih 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Babak Kedua

Belum genap dua menit babak kedua berjalan, Arda Turan berhasil menambah keunggulan Barcelona jadi 2-0. Berawal dari kesalan para pemain belakang Sevilla, pemain Timnas Turki itu langsung melepaskan bola chip ke gawang Rico.

Peluang emas kembali didapat Turan di menit 52. Mendapat umpan terobosan dari Messi, Turan langsung membawa bola seorang diri ke kotak penalti. Namun ia gagal menyelesaikan peluang saat berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Sevilla.

Menit 56, giliran Messi yang Catatkan Namanya di Papan Skor. Bermula dari serangan balik di mana Lucas Digne yang menyisir sisi kiri pertahanan Sevilla melepaskan umpan lambung ke kotak penalti. Tanpa kawalan berarti, Messi langsung menanduk bola untuk membawa Barcelona menjauh dengan skor 3-0.

Meski sudah unggul 3-0, tidak membuat tuan rumah mengendurkan serangannya. Bahkan di pertengahan babak kedua, Barcelona justru memasukan Ivan Rakitic tepatnya menit 72 untuk menambah variasi serangan.

Sementara di sisi lain, Sevilla sepertinya sudah tidak memiliki semangat bertanding. Pasalnya, dengan keunggulan 3-0, hampir dipastikan bahwa tuan rumah akan merengkuh gelar juara Supercopa de Espana dengan agregat sementara 5-0.

Tuan rumah harus bermain dengan 10 orang saat pertandingan memasuki menit 80. Javier Mascherano, terpaksa meninggalkan lapangan lebih dahulu karena mengalami cedera. Barca tidak bias menurunkan pengganti karena sudah menghabiskan jatah pergantian pemain.

Namun keunggulan jumlah pemain gagal dimanfaatkan oleh Sevilla setidaknya untuk memperkecil kedudukan. Hingga wasit meniup peluit panjang, Barca sukses merengkuh kemenangan sekaligus gelar juara Supercopa de Espana 2016 dengan keunggulan agregat 5-0.

Susunan Pemain:

Barcelona: Bravo, Aleix, Mascherano, Umtiti, Digne (Alba 60’); Busquets (Samper 73’), Gomes, Denis (Rakitic 72’); Munir, Messi, Arda.

Sevilla: Rico, Mercado, Diego, Mariano, Iborra, Kranevitter, Ganso (Vazquez 56’), Correa (Vieto 72’), Sarabia, Konoplyanka; Yedder (Vitolo 63’). (*)

BERITA REKOMENDASI