Liga 3 DIY Dipastikan Tak Dilaksanakan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DIY menyatakan tak akan menggelar Liga 3 regional DIY tahun 2020. Pandemi Covid-19 dan status perpanjangan tanggap darurat yang masih terjadi membuat Asprov PSSI melalui Rapat Exco tanggal 16 Oktober memutuskan tak menyelenggarakan kegiatan sepakbola di sisa tahun 2020 atau hingga pandemi usai.

Ketua Umum Asprov PSSI DIY, Ahmad Syauqi Suratno mengatakan pada 16 Oktober lalu Exco Asprov PSSI DIY sudah menggelar rapat yang dihadiri seluruh anggota dan diputuskan tiga hal penting. Menurut Syauqi, kegiatan sepakbola sepanjang sisa 2020 di DIY tidak akan dilaksanakan.

“Rapat Exco memutuskan tidak melaksanakan kegiatan sepakbola pada tahun 2020 yang meliputi, Liga 3 DIY, Piala Suratin DIY di semua Kelompok Umur, Turnamen Sepakbola Wanita dan Futsal, Piala Asprov DIY antar juara kompetisi Askab/Askot se-DIY dan Piala Asprov DIY U-16 antar Kabupaten/Kota se-DIY,” terang Syauqi dalam pertemuan dengan media di Monumen PSSI, Selasa (20/10/2020).

Untuk kompetisi Liga 3 Asprov PSSI DIY menurut Syauqi sudah menerima surat dari PSSI Pusat yang intinya menyerahkan penyelenggaraan pada Asprov masing-masing. Hanya saja, DIY menitikberatkan pada perkembangan kasus Covid serta mempertimbangkan status tanggap darurat yang membuat ijin olahraga belum bisa dimaksimalkan.

“Kita semua berdoa ada vaksin dan obat, kalau itu berjalan maka trimester pertama 2021 kita rapat dan bisa menentukan langkah lanjutan. Liga 1 dan Liga 3 itu sangat berbeda dari segi protokol. Liga 1 semua pemain dan official terpantau, namun Liga 3 ini pemain dari mana-mana, bisa pulang kerja langsung main dan kita tidak bisa menjamin keamanan kesehatan mereka,” imbuh Syauqi.

Namun begitu, Asprov PSSI DIY tetap akan melaksanakan beberapa kegiatan di tahun 2020 ini dengan menjalankan protokol kesehatan. “Kami tetap akan berupaya menggelar Kursus Pelatih, Kursus Wasit dan Kursus Pengawas Pertandingan. Kami juga berharap berbagai kegiatan sepakbola yang berupa Kompetisi maupun Turnamen untuk dilaksanakan di tahun 2021, sejauh pandemi telah berakhir dan izin dari pihak yang berwenang telah diperoleh,” imbuh Sekum Asprov PSSI DIY, Armando Pribadi.

Asprov PSSI DIY setelah ini bersiap melaksanakan pertemuan dengan Asosiasi Kabupaten/Kota untuk menyampaikan keputusan rapat Exco tersebut. “Kami akan sampaikan pada anggota secara langsung namun pada prinsipnya, hampir semua memahami situasi sekarang ini,” pungkas Armando. (Fxh)

Ketum (kiri) bersama Sekum Asprov PSSI DIY saat memberikan penjelasan pada media (Harminanto)

BERITA REKOMENDASI