Lompatan CR7 Diakui Ilmuwan Lebih Tinggi daripada Pebasket NBA

WEST SUSSEX, KRJOGJA.com – Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo, terkenal sebagai sosok yang sangat menjaga tubuhnya. Ronaldo tidak pernah absen berolahraga, karena tahu tubuh bagi atlet adalah aset paling berharga. Berkat tubuhnya yang atletis, Ronaldo pun mampu menjadi salah satu pemain terbaik di dunia.

Sportbible melaporkan bahwa Ronaldo pernah mengikuti serangkaian tes biomekanik yang dilakukan para ilmuwan di Universitas Chichester pada 2011 silam. Tes itu bermaksud untuk mengetahui kekuatan tubuh Ronaldo. Tes tersebut diabadikan dalam video documenter berjudul Cristiano Ronaldo: Tested to the Limit.

Pada tes tersebut, diketahui bahwa Ronaldo mampu melompat lebih tinggi dari rata-rata pemain NBA. Hal itu yang membuat Ronaldo tidak hanya mematikan dengan kedua kakinya melainkan juga kepala. Sepanjang kariernya, Ronaldo beberapa kali mencetak gol yang diawali lompatan sangat tinggi.

Ambil contoh, saat Juventus menang 2-1 atas Sampdoria di Liga Italia 2019-2020. Pemain berusia 35 tahun itu melompat setinggi 71 sentimeter (cm) untuk menyundul bola di ketinggian 2,56 meter (m), dari umpan silang Alex Sandro pada menit 45.

Mantan pemain Chelsea, Tony Cascarino, menyatakan bahwa Ronaldo adalah rajanya sundulan. Casacarino menyamakan sundulan Ronaldo seperti ayunan golf yang sempurna. Cascarino yakin Ronaldo telah melatih tubuh bagian atasnya dengan sangat keras, guna bisa melakukan itu.

“Saya sudah mencoba menjelaskan sebelumnya, tentang bagaimana ada banyak cara yang berbeda dalam menyundul sepakbola seperti halnya menendang. Anda bisa kepala dengan sisi kiri, sisi kanan, dahi, atau bagian atas kepala. Tandukan Ronaldo seperti ayunan golf yang sempurna, semuanya berjalan beriringan dan ketika semuanya berbunyi klik tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk menghentikannya,” ujar Cascarino.

“Bentuk tubuhnya telah berubah banyak selama bertahun-tahun dan dia jelas menghabiskan banyak waktu pada kekuatan tubuh bagian atasnya. Ini memungkinkan dia mengangkat dirinya ke udara dan menempatkan tubuhnya pada posisi yang tepat untuk menyundul bola,” pungkasnya.

BERITA REKOMENDASI