Man United, Chelsea Atau Leicester, Siapa Berhak Lolos ke Liga Champions?

Chelsea dan Leicester City bersaing memperebutkan dua slot tersisa untuk tampil di Liga Champions 2020-2021 (hanya tim penghuni empat besar yang diizinkan lolos). Saat ini setelah melalui 37 pertandingan atau menyisakan satu laga lagi, Man United duduk di posisi tiga dengan koleksi 63 angka, disusul Chelsea (63) dan Leicester City (62).

Lantas, kenapa Man United menempati posisi yang lebih baik ketimbang Chelsea, meski perolehan poin mereka setara? Man United menempati posisi yang lebih baik karena unggul selisih gol atas Chelsea, yakni +28 berbanding +13.

Sekarang yang jadi pertanyaan, bagaimana cara tim-tim di atas untuk lolos ke Liga Champions 2020-2021? Bagi Man United, ada tiga syarat jika mereka ingin melaju ke kompetisi antarklub Eropa paling prestisius musim depan.

Pertama, Man United akan lolos jika menang atas Leicester City di laga pamungkas Liga Inggris 2019-2020 yang berlangsung Minggu 26 Juli 2020 malam WIB. Syarat kedua adalah, hasil imbang atas Leicester sudah cukup meloloskan Setan Merah ke Liga Champions musim depan.

Bahkan, kalah pun Man United masih bisa lolos, asalkan di laga lain Chelsea kalah dari Wolverhampton Wanderers. Bagaimana dengan Chelsea? The Blues –julukan Chelsea– lolos otomatis asalkan menang atau imbang saat menjamu Wolverhampton Wanderers di laga pamungkas.

Kekalahan dari Wolverhampton juga masih akan meloloskan Christian Pulisic dan kawan-kawan. Chelsea lolos meski kalah, asalkan di laga lain Man United menang atas Leicester.

Lanjut ke Leicester. Ada dua cara bagi Leicester untuk lolos ke Liga Champions 2020-2021. Pertama, The Foxes –julukan Leicester– wajib menang atas Man United. Hasil imbang juga meloloskan Leicester, asalkan di laga lain Chelsea tumbang dari Wolverhampton.

Jika Leicester seri dan Chelsea kalah, koleksi poin keduanya sama kuat, yakni 63. Hanya saja, Leicester berhak finis di posisi yang lebih baik karena unggul selisih gol dari The Blues. Menarik menanti, pendamping Liverpool dan Manchester City yang sudah dipastikan lolos ke Liga Champions 2020-2021.

Berikut Hitung-hitungan Man United, Chelsea dan Leicester untuk Lolos ke Liga Champions 2020-2021:

Man United Lolos jika…

1. Menang atas Leicester

2. Imbang Lawan Leicester.

3. Kalah dari Leicester, asalkan di laga Chelsea tumbang dari Wolverhampton Wanderers

Chelsea Lolos jika…

1. Menang atas Wolverhampton

2. Imbang lawan Wolverhampton

3. Kalah dari Wolverhampton, asalkan di laga lain Man United menang atas Leicester

Leicester City Lolos jika….

1. Menang atas Man United

2. Imbang atas Man United, asalkan di laga lain Chelsea kalah dari Wolverhampton

BERITA REKOMENDASI