Manchester United, Pemegang Rekor Unbeaten Terlama di Liga Champions

LIGA Champions dikenal sebagai turnamen yang ketat. Tidak mudah bahkan bagi klub kuat sekalipun untuk konsisten meraih kemenangan dan menghindari kekalahan. Karena itu, ketika ada klub yang tak terkalahkan dalam 20 pertandingan beruntun di Liga Champions, hal itu tentu luar biasa.

Lantas, klub mana yang sanggup melakukannya? Manchester United adalah jawabannya. The Red Devils –julukan Man United– sempat tak terkalahkan dalam 25 laga beruntun. Hal itu mereka mulai pada matchday pertama Grup F Liga Champions 207-2008.

Menghadapi Sporting Lisbon, Man United menang 1-0 lewat gol tunggal Cristiano Ronaldo. Usai laga kontra Lisbon, Manchester Merah menjalani 12 pertandingan di Liga Champions 2007-2008.

Hasilnya Setan Merah meraih 9 menang dan 3 imbang. Hasilnya pun positif, Ronaldo dan kawan-kawan mengangkat trofi Liga Champions setelah di final mengalahkan Chelsea.

Hasil positif di musim 2007-2008, terus dipertahankan Setan Merah pada musim selanjutnya (2008-2009). Pada 6 laga awal di Fase Grup E, Man United meraih 2 menang dan 4 imbang, sekaligus meloloskan mereka ke 16 besar dengan status juara grup.

Selanjutnya pada 6 laga fase knockout (dua leg 16 besar, perempatfinal dan semifinal), Man United meraih 3 menang dan 3 imbang. Laga terakhir Man United tak terkalahkan saat mereka tampil di leg II semifinal Liga Champions kontra Arsenal.

Tampil di Emirates Stadium, Man United menang 3-1 dan berhak lolos ke semifinal dengan agregat 4-1. Dengan kemenangan itu, Man United tak terkalahkan dalam 25 laga beruntun di Liga Champions!

Akhirnya, rekor unbeaten Man United terhenti di angka 25. Berhadapan dengan Barcelona di partai puncak, Wayne Rooney dan kawan-kawan takluk 0-2. (*)

BERITA REKOMENDASI