Mane Sebut Tidak Cocok di Man United

LIVERPOOL, KRJOGJA.com – Sadio Mane merupakan salah satu pemain yang berkontribusi besar dalam membawa Liverpool meraih gelar juara Liga Champions 2018-2019 dan Liga Inggris 2019-2020. Kendati begitu, nyatanya tak banyak yang tahu bahwa Mane sebenarnya pernah hampir bergabung dengan rival abadi Liverpool, yakni Manchester United.

Hal itu terjadi saat Man United masih ditangani oleh Louis van Gaal. Diakui oleh Mane kalau ia telah berbicara dengan Van Gaal dan Man United pun melayangkan tawaran. Akan tetapi, tawaran tersebut ditolak Mane karena ia merasa bergabung dengan Man United bukanlah pilihan tepat.

Pada bursa transfer musim panas 2016, Mane kemudian mendapat tawaran dari Liverpool yang diasuh oleh Jurgen Klopp. Tanpa membutuhkan waktu lama, pemain asal Senegal itu pun langsung menyetujui kepindahannya dari Southampton untuk bergabung bersama The Reds.

“Tentu saja, saya berbicara dengan Van Gaal, dan mereka (Man United) bahkan mengajukan penawaran. Tetapi, bagi saya itu bukan klub yang tepat, itu bukan saat yang tepat. Untuk merasakan ini – saat yang tepat, pelatih yang tepat, klub yang tepat,” ungkap Mane, menyadur dari Liverpool Off-Side, Jumat (10/7/2020).

“Ada minat dari banyak klub, bukan hanya Manchester United. Tetapi, begitu saya tahu Liverpool tertarik, saya hanya merasa itu adalah klub yang tepat dengan pelatih yang tepat. Itu benar bagi saya untuk datang ke sini,” lanjut Mane.

Keputusan Mane tersebut terbukti menjadi pilihan yang tepat. Karena, bersama Liverpool Mane mampu membuktikan tajinya hingga dirinya sekarang diakui sebagai salah satu winger terbaik di dunia. Selain itu, Mane juga telah memenangkan sejumlah trofi bergengsi bersama Liverpool.

Jika Mane bergabung dengan Setan Merah, maka winger 28 tahun itu belum tentu merasakan kejayaan seperti sekarang. Terlebih lagi, Van Gaal hanya dua musim menangani Man United. Bukan tak mungkin Mane akan ikut terbuang setelah era Vam Gaal di Man United berakhir.

Sementara itu, di Liverpool, Mane langsung dijadikan Klopp sebagai pemain inti sejak awal kedatangannya. Meskipun, ia sempat mengalami pergeseran posisi. Sebelum kehadiran Mohamed Salah pada musim panas 2017, Mane menempati posisi winger kanan.

Kendati demikian, setelah Salah datang, Mane digeser menjadi winger kiri. Kini duet Salah dan Mane menjelma menjadi winger yang menakutkan di Liga Inggris. Pada musim 2018-2019, keduanya tampil sebagai top skor Liga Inggris dengan torehan masing-masing 22 gol.

Atas performa apik yang ditunjukkan Mane selama membela Liverpool, ia pun dikabarkan mendapat minat dari banyak klub elite Eropa. Salah satu klub yang santer diisukan bakal memboying Mane adalah Real Madrid.

BERITA REKOMENDASI