Mataram Utama Kampiun Liga 3 DIY

Editor: Agus Sigit

SLEMAN, KRJOGJA.com – Mataram Utama keluar sebagai juara Liga 3 DIY 2021 setelah mengalahkan Sleman United di Stadion Tridadi, Rabu (22/12/2021) sore. Mataram Utama memastikan mewakili DIY ke Liga 3 nasional yang seturut rencana dilaksanakan pertengahan Januari tahun depan.

Dalam laga final di Tridadi, Mataram Utama tertinggal lebih dahulu menit ke-16 lewat gol Agus Prasetyo. Setelah gol itu, Mataram Utama sebenarnya menguasai pertandingan namun belum bisa mencetak gol hingga babak pertama usai.

Di paruh kedua, Mataram Utama terus menekan pertahanan Sleman United. Menit ke-68, wingback kiri Mataram Utama, Idris Mualif berhasil menyamakan kedudukan lewat sepakan keras mendatar kaki kiri.

Sleman United harus bermain dengan 10 pemain pada menit 79 setelah kiper Firdaus Rafi Marga mendapat dua kali kartu kuning. Penyebabnya, ia melakukan dua kali kesalahan menendang bola tendangan kiper dari luar kotak penalti.

Wasit Iksan Prasetya Jati pun menghukumnya dengan kartu merah. Kubu Sleman United pun harus merelakan satu pemainnya untuk ditukar menjadi penjaga gawang.

Menit 83, Mataram Utama berhasil memanfaatkan situasi pelanggaran yang dilakukan kiper Firdaus tersebut. Aruna Brama Siwi melesakkan sepakan keras mendatar yang tak bisa diantisipasi kiper pengganti, Cakra Adi Surya.

Di akhir babak kedua, terjadi kericuhan di dalam lapangan saat gelandang senior Sleman United M Solechudin memukul beberapa pemain Mataram Utama dan wasit Iksan Prasetyo Jati. Pertandingan terhenti lebih dari 10 menit dan terjadi pergantian wasit karena Iksan tak bisa melanjutkan kepemimpinan.

Solechudin pun mendapat kartu merah dan terancam sanksi atas tindakan tak terpuji itu. Wasit cadangan Bagus Kurniawan meneruskan pertandingan dengan waktu lebih dari 6 menit. Di masa perpanjangan waktu, Harry Kusuma Suarez menyudahi pertandingan dengan golnya memanfaatkan kelelahan dan kelengahan lini belakang Sleman United.

Pertandingan berakhir dengan skor 3-1 untuk Mataram Utama. Tim debutan Liga 3 DIY itu dipastikan mewakili DIY ke kancang Liga 3 nasional yang direncanakan digelar pertengahan Januari 2022 mendatang.

Pelatih Mataram Utama, Erwan Hendarwanto mengatakan timnya tidak pernah menyangka akan melaju sejauh ini hingga merebut juara Liga 3 DIY. Menurut dia, kerja keras seluruh pemain yang menjadi kunci keberhasilan timnya tampil maksimal dalam setiap pertandingan dan meraih gelar juara.

“Ini semua hasil kerja keras seluruh pemain dan tim official. Kami sebenarnya tidak menyangka bisa melaju sampai sejauh ini dan menjadi juara. Ini seperti bonus bagi kami,” ungkap Erwan usai pertandingan.

Menjadi wakil DIY di tingkat nasional, Mataram Utama pun akan segera bersiap memantapkan tim dan menambal kelemahan yang ada. Apalagi, persaingan di babak 64 besar nasional dipastikan lebih ketat.

“Kami akan rest dulu beberapa hari, lalu bersiap lagi untuk putaran nasional. Untuk penambahan pemain, kami akan bicarakan dengan manajemen. Namun harapannya kami bisa mengharumkan nama DIY,” tandas dia.

Sementara, Sekretaris Umum Asprov PSSI DIY, Armando Pribadi menyampaikan pihaknya sampai saat ini baru bisa memastikan satu wakil DIY di kancah nasional. “Sampai saat ini kami masih berpedoman aturan tertulis yang kami miliki, satu wakil dari DIY. Namun kami masih menanti karena secara lisannya kemungkinan besar dua,” tandas Armando. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI