McMenemy Tidak Mau Pakai Psikolog untuk Timnas Indonesia

JAKARTA, KRJOGJA.com – Tim Nasional (Timnas) Malaysia mengaku menggunakan jasa seorang psikolog untuk mengatasi rasa gugup ketika bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) demi menghadapi Indonesia. Namun, langkah serupa tidak akan ditiru oleh Tim Merah Putih.

Tekanan besar ada di pundak Timnas Malaysia selaku tim tamu. Sebab, anak asuh Tan Cheng Hoe bakal menghadapi dua lawan ketika merumput di GBK, Kamis (5/9/2019), yakni 11 pemain Timnas Indonesia dan teror ribuan pendukung tuan rumah. Demi mengontrol emosi, Timnas Malaysia kabarnya sampai menggunakan jasa seorang psikolog. Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, mengaku tidak perlu menggunakan jasa seorang psikolog karena itu seperti mengatasi iblis yang bersemayam dalam pikiran.

“Saya tidak menggunakan psikolog, itu bagaikan menanggulangi iblis yang ada dalam pikiran. Tapi, ini soal mentalitas. Kami sudah mempersiapkan ini lebih dari dua minggu, dan yang terpenting adalah fokus,” ucap Simon McMenemy dalam konferensi pers Rabu 4 September 2019 sore WIB.

“Mungkin saja nanti ada rasa gugup. Tapi, yang paling penting kami sudah siap, kami harus fokus dalam bertahan dan menyerang, fokus hingga menit 95’ atau mungkin 96’,” imbuh pelatih berkebangsaan Skotlandia tersebut.

Beban berat juga dipikul Timnas Indonesia dalam laga tersebut. Sebab, partai pertama di semua turnamen atau kompetisi, amat penting untuk menjadi landasan di pertandingan-pertandingan berikutnya, sehingga tiga poin menjadi target utama. (*)

BERITA REKOMENDASI