Melius Mau, Legenda Hidup PSIM Idola Sultan Sampai Tukang Becak

YOGYA, KRJOGJA.com – Nama Mellius Mau tentu sangat akrab di telinga pecinta sepakbola DIY pada tahun 60-an hingga akhir 80-an. Penyerang asal Bima NTB tersebut begitu subur bersama PSIM dan dikenal piawai mencetak gol dengan kepala.

Mellius sampai saat ini tercatat sebagai pemain yang paling lama membela PSIM. Betapa tidak, tak kurang dari 24 tahun Mellius berseragam Laskar Mataram sejak berusia 18 hingga gantung sepatu pada usia 42 tahun.

Cerita Mellius begitu menarik ketika ditelusuri lebih jauh. Ia datang dari NTB pada 1967 ketika hendak berkuliah dan akhirnya diterima di Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Hampir dua tahun berselang, karena bakat yang dimiliki, Mellius mendapat kesempatan bermain di PSIM setelah sebelumnya mengikuti klub perkumpulan TNH. Dikenal sebagai seorang penyerang subur gol, awal karier Mellius di PSIM ternyata dimulai dari posisi libero.

“Saat itu PSIM tidak punya penyerang, yasudah akhirnya saya diminta main jadi penyerang. Modal saya saat itu hanya shooting keras dan lari kencang, itu saja,” ungkap Mellius ketika ditemui KRjogja.com belum lama ini.

BERITA REKOMENDASI