Menang Adu Penalti, Portugal Lolos Semifinal

MARSEILLE (KRjogja.com) – Portugal berhasil lolos ke semifinal Piala Eropa 2016 usai mengalahkan Polandia lewat drama adu penalti dengan skor 5-3. Sebelumnya, setelah melewati 120 menit, Polandia dan Portugal bermain 1-1. Gol Polandia dicetak Robert Lewandowski pada menit dua, sementara gol Portugal dikemas Renato Sanches di menit 32. Nantinya di babak semifinal, Portugal bakal menantang pemenang antara Wales vs Belgia yang baru memainkan laga pada Sabtu 2 Juli 2016 dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Polandia bertemu Portugal di perempatfinal Piala Eropa 2016 yang dilangsungkan di Stade Velodrome, Marseille pada Jumat (1/7/2016) dini hari WIB. Pada laga kali ini, kedua tim sama-sama menurunkan skuad terbaiknya.

Dalam pola 4-4-2, pelatih Adam Nawalka masih mengandalkan kekukuhan lini tengah Polandia untuk membangun serangan. Sementara Portugal yang memainkan pola 4-1-3-2 menjadikan Cristiano Ronaldo dan Luis Nani sebagai sumber gol utama mereka. Terbukti sejauh ini kedua pemain itu total telah mencetak empat gol di Piala Eropa 2016.

Sebelum melakoni pertandingan, semua personel Polandia dan Portugal beserta fans yang hadir di stadion melakukan sesi mengheningkan cipta. Sesi tersebut ditujukan atas insiden teror bom Turki yang terjadi di Bandara Internasional Ataturk pada Rabu 29 Juni 2016 pagi WIB. Menurut media lokal, kejadian yang dilakukan oleh para teroris itu menimbulkan korban jiwa hingga 42 orang.

Laga benar-benar menarik untuk ditonton. Robert Lewandowski membuka keunggulan Polandia atas Portugal pada menit kedua. Memanfaatkan umpan Kamil Grosicki, Lewy –sapaan akrab Lewandowski– langsung menyambar bola dengan kaki kanannya di kotak penalti untuk membobol gawang Portugal kawalan Rui Patricio. Skor 1-0 untuk keunggulan Polandia.

Pada menit 18, Polandia berpeluang menggandakan keunggulan. Namun, Lewandowski yang dalam kondisi tak terkawal usai menerima umpan rekan setimnya gagal melepas sepakan dengan sempurna. Alhasil, tembakannya dapat diamankan Rui Patricio.

Ketika laga hampir memasuki setengah jam, Portugal yang tengah tertinggal mendapat peluang matang. Luis Nani melakukan akselerasi dari sisi kanan pertahanan Polandia. Meski memiliki kesempatan untuk menembak, winger Fenerbahce itu memberikan umpan kepada Ronaldo. Megabintang milik Real Madrid itu pun melepas sepakan dari luar kotak penalti yang masih dapat ditahan Fabianski.

Baru pada menit 32 Seleccao das Quinas –julukan Portugal– berhasil menyamakan kedudukan lewat Renato Sanches. Memanfaatkan umpan Nani, gelandang milik Bayern Munich itu melepas sepakan kaki kirikeras dari luar kotak penalti untuk membobol gawang Polandia kawalan Lukasz Fabianski. Skor sementara 1-1.

Secara keseluruhan, jalannya pertandingan kedua tim cukup seimbang. Hingga babak pertama usai, skor 1-1 tetap bertahan.

Babak Kedua

Portugal mendapat peluang mencetak gol pada menit 56 lewat Ronaldo. Dalam kondisi tak terkawal, pemain berjuluk CR7 itu melepaskan sepakan keras kaki kiri. Namun, tembakannya masih menerpa jala gawang Polandia.

Laga berjalan seimbang, namun Portugal mampu mencetak peluang lebih banyak ketimbang Polandia. Pada menit 60, Ronaldo kembali mendapat peluang, akan tetapi tembakannya dapat diblok.

Berselang lima menit, giliran fullback kanan Portugal yakni Cedric Soares melepas tembakan dari luar kotak penalti meski masih melebar tipis dari gawang tim asuhan Nawalka. Pada menit 68, Polandia akhirnya mendapat peluang lewat Arkadiusz Milik, namun bola sepakan penyerang Ajax Amsterdam itu dapat diamankan Rui Patricio.

Pada menit 78, Jose Fonte hampir menggandakan keunggulan untuk Portugal. Akan tetapi, sundulan bek milik Southampton itu berhasil diamankan Fabianski. Berselang dua menit, Polandia hampir membuat gol bunuh diri setelah Artur Jędrzejczyk salah mengantisipasi bola hasil umpan terobosan Pepe Lima.

Hingga waktu normal berakhir, skor tetap 1-1. Alhasil, laga pun harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Babak Tambahan

Pada 15 menit pertama babak perpanjang waktu, Portugal mendapat dua peluang emas lewat Luis Nani. Pada menit 99, sundulan Nani masih melebar. Sementara di menit 102, tembakan mantan pemain Manchester United itu dapat ditahan Fabianski.

Pada menit 109, seorang penonton masuk ke lapangan laga yang mempertemukan Polandia vs Portugal. Namun, masuknya penonton tersebut tak menghentikan laga yang digelar di Stade Velodrome, Marseille tersebut. Hingga 2 x 15 menit berakhir, skor masih imbang 1-1 dan laga harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Adu Penalti:

Portugal: Ronaldo O, Renato Sanches O,Moutinho O, Nani O, Quaresma O.

Polandia: Lewandowski O, Milik O, Glik O, Kuba X

Susunan Pemain:

Polandia (4-4-2): 22 FabiaÅ„ski (G), 2 Pazdan, 3 JÄ™drzejczyk, 5 MÄ…czyÅ„ski (JodÅ‚owiec 98’), 7 Milik, 9 Lewandowski (C), 10 Krychowiak, 11 Grosicki (Kapustka 82’), 15 Glik, 16 BÅ‚aszczykowski, 20 Piszczek.

Portugal: Rui Patrício (G), 3 Pepe , 4 Fonte, 7 Ronaldo (C), 10 João Mário (Quaresma 80’), 14 William Carvalho (Danilo 96’), 16 Renato Sanches, 17 Nani, 19 Eliseu, 21 Cédric, 23 Adrien Silva (Moutinho 75’). (*)

BERITA REKOMENDASI