Menangi Laga Dramatis Lawan Myanmar, Timnas Indonesia U-22 Tatap Final SEA Games 2019

MANILA, KRJOGJA.com – Pertandingan dramatis dan menegangkan terjadi pada Semifinal SEA Games 2019 antara Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 vs Myanmar di Stadion Rizal Memoriam, Manila, Sabtu (7/12/2019) sore WIB. Setelah imbang 2-2 pada waktu normal, Tim Merah Putih berhasil menang 4-2 pada babak tambahan waktu untuk melaju ke final.

 

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pressing tinggi yang diterapkan Myanmar membuat Indonesia kesulitan mengembangkan permainan di awal laga. Valizar Popov sengaja menginstruksikan anak asuhnya untuk menekan Skuad Garuda di daerah pertahanan sendiri dengan tujuan melakukan kesalahan.

Baca juga: Timnas Indonesia U-22 vs Myanmar Masih Sama Kuat

Meski begitu, Indonesia tetap mampu keluar dari tekanan dan mendapat peluang pertama dari tendangan jarak jauh Evan Dimas di menit 12. Sayang, bola masih bisa ditangkap dengan baik oleh Sann Satt Naing. Osvaldo Haay memiliki peluang terbaik untuk mencetak gol di menit 18, tetapi masih gagal karena sundulannya melebar.

Sementara Myanmar baru bisa mengancam gawang Nadeo Argawinata pada menit 20 lewat tembakan jarak jauh Aung Lwin Moe, tetapi masih bisa ditangkap. Laga kembali berjalan datar karena bola lebih banyak berkutat di lini tengah.

Osvaldo Haay kembali mendapat peluang dengan tembakan dari dalam kotak penalti pada menit 38. Akan tetapi, ayunan kakinya tidak terlalu mantap sehingga laju bola sedikit pelan dan mudah ditangkap kiper. Pemain asal klub Persebaya Surabaya itu juga gagal memanfaatkan peluang terakhir di injury time sehingga skor tetap 0-0 saat turun minum.

Babak Kedua

Permainan menekan Timnas Myanmar U-22 masih dipertahankan di awal babak kedua. Pun begitu, Osvaldo Haay sudah mendapat peluang mencetak gol pada menit 47. Sayang, tembakannya bisa diblok kiper Sann Satt Naing. Selang enam menit kemudian, giliran Sithu Aung yang membuat jantung kubu Indonesia berdegup kencang karena tendangannya melenceng tipis dari gawang Nadeo.

Kebuntuan akhirnya pecah lewat kaki Evan Dimas Darmono di menit 58. Gol berawal dari tusukan Egfy Maulana Vikri di sisi kanan penyerangan Indonesia. Pemain asal klub Lechia Gdansk itu langsung melepaskan umpan tarik dari pinggir lapangan ke arah Evan Dimas yang berdiri bebas dan tanpa kesalahan menendang bola ke jaring gawang.

Giliran Egy yang memiliki peluang menggandakan skor menit 64 lewat sundulannya, tetapi masih mengarah ke kiper. Kali ini, Egy tidak menyiakan peluang dengan mencetak gol di menit 71. Sundulan pemain bernomor 10 itu, menyambut umpan tendangan bebas Bagas Adi Nugroho, menghujam jala gawang Myanmar.

Kombinasi cantik umpan satu dua antara Egy dengan Saddil di depan kotak penalti Myanmar mampu diakhiri dengan tembakan di menit 77. Sayang, bola sepakan Egy Maulana Vikri masih melebar. Kegagalan itu harus dibayar mahal karena Myanmar langsung mencetak dua gol dalam waktu berdekatan.

Kesalahan lini belakang Indonesia dimanfaatkan Myanmar untuk mencetak gol pertama lewat Aung Kaung Mann menit 79. Semenit kemudian kedudukan kembali imbang. Kegagalan Nadeo Argawinata menangkap bola dimanfaatkan dengan baik oleh Win Naing Tun untuk menyamakan skor, 2-2.

Evan Dimas gagal mencetak gol keduanya di injury time meski berhasil menipu bek lawan untuk mendapat ruang tembak yang nyaman. Sebab, bola bergulir melenceng dari sasaran. Skor tak berubah hingga akhir sehingga laga berlanjut ke babak tambahan.

Di babak tambahan, Myanmar memilih tidak aktif melakukan pressing dan mengandalkan serangan balik. Situasi itu dimanfaatkan dengan baik untuk mencetak gol ketiga lewat Osvaldo Haay pada menit 102. Setelah banyaknya peluang terbuang, Osvaldo kali ini tidak menyiakan umpan silang mendatar Asnawi Mangkualam.

Margin dua gol kembali didapat Indonesia ketika Evan Dimas mencetak gol keduanya di menit 113. Pemain asal klub Barito Putera itu dengan tenang mengecoh lawan dan menceploskan bola ke gawang usai menerima umpan datar Sani Rizki Fauzi di kotak penalti.

Gol tersebut memastikan langkah Timnas Indonesia U-22 ke babak Final SEA Games 2019. Skuad asuhan Indra Sjafri kini tinggal menunggu lawan di partai puncak antara Vietnam vs Kamboja yang baru berlangsung beberapa jam lagi. Partai Final SEA Games 2019 akan dihelat pada 10 Desember malam WIB di Stadion Rizal Memoriam.

Timnas Indonesia U-22: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam Bahar, Andy Setyo Nugroho, Bagas Adi Nugroho, Firza Andhika (Alex Dodi Djin 83’); Saddil Ramdani, Zulfiandi (Rachmat Irianto 98’), Evan Dimas, Egy Maulana Vikri (Witan Sulaeman 105’); Osvaldo Haay, Muhammad Rafli (Sani Rizki Fauzi 46’)

Pelatih: Indra Sjafri

 

BERITA REKOMENDASI