Menanti Gebrakan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

JAKARTA, KRJOGJA.com – Shin Tae-yong akan tiba di Jakarta pada Kamis 26 Desember 2019. Setelah itu, pelatih 49 tahun itu akan menandatangani kontrak bersama PSSI, dan kemudian diresmikan sebagai juru taktik Tim Nasional (Timnas) senior Indonesia, U-23 dan U-19.

 

Sekarang yang jadi pertanyaan, siapa asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia? Sewaktu menjalani sesi presentasi di Kuala Lumpur di hadapan petinggi PSSI, Tae-yong berjanji akan membawa sejumlah staf pelatih yang membawa Korsel U-20 lolos ke final Piala Dunia U-20 2019.

Saat ini, Korsel U-20 ditangani Chung Jung-yong. Ia memiliki empat tangan kanan, yakni Gong Oh-kyun (asisten pelatih), In Chang-soo (asisten pelatih), Kim Dae-hwan (pelatih kiper) dan Oh Sung-hwan (pelatih fisik).

Akan tetapi, diyakini tidak semua dari nama-nama di atas akan dibawa Tae-yong ke Tanah Air. Sebab, Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Soemantri, mengonfirmasi akan ada dua hingga tiga pelatih lokal yang berstatus sebagai asisten Tae-yong di Timnas Indonesia.

"Ya paling ada dua atau tiga pelatih asal Indonesia yang akan gabung ke sana (staf pelatih Tae-yong)," kata Cucu beberapa waktu lalu.

Jika hanya mengambil dua pelatih lokal, nama Indra Sjafri dan Fakhri Husaini berpotensi besar menjadi asisten Tae-yong di Timnas Indonesia. Selain memiliki pengalaman membesut Timnas Indonesia U-23 dan U-19, secara kualitas Fakhri dan Indra tidak perlu diragukan lagi kapasitasnya.

Bertugas sebagai asisten Tae-yong merupakan keuntungan bagi Fakhri dan Indra. Sebab, keduanya bisa mendapatkan ilmu kepelatihan dari Tae-yong yang pernah membawa Timnas Korea Selatan U-23 lolos ke 16 besar Olimpiade 2016, serta mengantarkan Korea Selatan U-20 ke babak 16 besar Piala Dunia U-20 2017.

Jika benar dipilih sebagai asisten Tae-yong, banyak agenda yang akan dijalani Fakhri dan Indra dalam dua tahun ke depan. Pertama, mereka harus menyiapkan skuad Timnas senior Indonesia yang kembali berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada medio Maret 2020.
Kemudian, Timnas Indonesia U-19 juga akan turun di Piala Asia U-19 2020 yang digelar di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020. Meski begitu, tugas utama ketiga nama di atas adalah membawa Timnas Indonesia U-20 berjaya saat turun di Piala Dunia U-20 yang digelar di Tanah Air pada 20 Mei hingga 11 Juni 2020.

 

 

BERITA REKOMENDASI