Mengintip Mewahnya Tempat Latihan PS Tira di Yogya

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tim Liga 1 yang bermarkas di Yogyakarta, PS Tira kini mulai menanjak penampilannya. Terakhir, angkernya kandang Bajul Ijo Persebaya Surabaya pun berhasil dijinakkan dengan skema permainan yang mulai terlihat membaik.

Pelatih kepala baru, Nil Maizar mampu menerapkan filosofi sepakbola baru membuat Tira tampil lebih segar. Permainan satu dua dengan mengandalkan kolektivitas diperagakan Tira yang dirasakan sebagai kekuatan sebenarnya anak-anak Young Warriors.

Baca juga :

Gol Luar Biasa Rakic-Rekish Menangkan PS Tira di Kandang Bajul Ijo

PS Tira Siap Gagalkan Pesta Bajul Ijo

PS Tira tampaknya menemukan gairah baru bermain sepakbola yang menurut Nil Maizar terjadi karena hadirnya suasana baru. Setelah memindahkan mess pemain ke wilayah Seturan Depok Sleman beberapa waktu lalu, kini giliran lapangan latihan yang dipindah ke Yogyakarta Independent School (YIS) kawasan Jalan Palagan Sinduadi Mlati Sleman.

Bukan yanpa sebab Nil Maizar menyebut lapangan baru YIS membuat semangat anak asuhnya kembali bergelora untuk menyelesaikan musim dan finish di posisi aman. “Kami berlatih di lapangan yang bagus, punya kualitas pasti hasil latihannya berbeda. Pemain psikisnya bagus dan berlatih menjadi senang untuk nantinya dipraktekkan dalam pertandingan,” ungkap Nil pada wartawan, Senin (17/09/2018).

Pengelola sekaligus pemrakarsa lapangan YIS, Supomo Hariyanto mengatakan lapangan YIS dibuat spesial dengan rumput jenis Evergreen, berbeda dari kebanyakan rumput di lapangan sepakbola Indonesia yakni Zoysia Matrella. Menurut dia, rumput Evergreen memiliki tantangan tersendiri namun kualitasnya sangat baik, menyerupai lapangan golf.

“Perawatannya berat, tapi justru itu tantangannya dan ternyata berhasil diterapkan di lapangan YIS. Beberapa tim Liga 1 yang sedang berada di Yogya sudah merasakan seperti PS Tira, Borneo FC dan Madura United dan menurut mereka cukup baik,” ungkapnya.

Supomo bersama timnya memang berjuang cukup keras untuk memastikan kualitas lapangan latihan YIS terus baik. Perawatan berkala, pemupukan rutin hingga penyiraman yang teratur harus dilakukan agar rumput bisa terus tumbuh subur.

“Misalnya enam bulan sekali dilakukan verticutter dan airator agar rumput tumbuh tepat termasuk memperlancar peresapan air di saat musim penghujan. Untuk pemotongan juga dilakukan sebulan sekali dengan mesin greenmower yang biasa dipakai memotong lapangan golf area green yang ukuran ketebalan rumput bisa diukur dengan milimeter untuk ketebalan lapangan sepakbola,” sambungnya.

Di area lapangan YIS sendiri, tampaknya PS Tira mendapatkan beberapa bonus misalnya rute cross country untuk meningkatkan fisik termasuk lintasan lari di sekeliling lapangan yang juga menggunakan rumput berkualitas tak kalah baik. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI