Messi Dihukum 21 Bulan Penjara

Editor: Ivan Aditya

BARCELONA (KRjogja.com) – Lionel Messi dijatuhi hukuman 21 bulan penjara karena terlibat kasus penggelapan pajak bersama sang ayah, Jorge Messi. Pesepakbola itu dinyatakan bersalah atas tiga dakwaan penipuan melalui putusan pengadilan di Barcelona.

Jaksa pengadilan menyimpulkan pada 3 Juni ayah Messi adalah orang utama yang bertanggung jawab atas penipuan otoritas pajak Spanyol sebesar 3.19 juta Poundsterling antara tahun 2007-2009. Pengadilan memerintahkan Messi membayar denda sekitar 1.7 juta Poundsterling dan ayahnya membayar 1.27 juta Poundsterling.

Pasangan itu dituduh menggunakan kebijakan bebas pajak di Uruguay dan Belize untuk menyembunyikan lebih dari 3 juta Poundsterling pendapatan dari hak citra dari otoritas pajak Spanyol. Messi menjelaskan kepada pengadilan ia tidak tahu tentang dokumen penandatanganan bagaimana uangnya dikelola dan dirawat tanpa membacanya. "Tidak ada yang benar, tidak ada yang benar, saya tidak tahu,” ujarnya selama persidangan.

Pengacara Messi menjelaskan, ia tidak pernah diperiksa pada serangkaian kontrak antara tahun 2007 dan 2009 yang ditangani dengan pendapatan dari hak citra dengan perusahaan termasuk Adidas, Pepsi-Cola, Danone, Procter and Gamble, Banco Sabadell, dan Kuwait Food Company.

Dalam pernyataan lainya, Messi dan ayahnya diperkirakan akan mengajukan banding melalui pengadilan tertinggi di Spanyol Karena dibawah hukum Spanyol, hukuman penjara kurang dari dua tahun dapat dilayani di bawah masa percobaan. Jadi Messi dan ayahnya mungkin tak akan masuk penjara.

Dia juga melakukan pembayaran sukarela sebesar 3,8 juta Poundsterling pada Agustus 2013 untuk menutupi pajak dan bunga yang belum dibayar. Kini Messi menegaskan ia akan pensiun dari dunia sepak bola Internasional sampai keluar putusan pengadilan. (*)

BERITA REKOMENDASI