Messi Dukung Barcelona Datangkan David Alaba

BARCELONA (KRjogja.com) – Barcelona berencana mendatangkan fullback kiri Bayern Munich, David Alaba, pada bursa transfer musim panas 2018. Bahkan seperti diberitakan Diario Gol, Jumat (2/3/2018), Messi sangat setuju dengan rencana Blaugrana –julukan Barcelona– mendaratkan pesepakbola berpaspor Austria itu.

Barcelona memang membutuhkan tenaga tambahan di sektor kiri pertahanan. Sebab saat ini Barcelona hanya memiliki Jordi Alba untuk dijadikan andalan, sedangkan Lucas Digne dinilai tak cukup cakap untuk membela klub sebesar Blaugrana.
Klub yang bermarkas di Estadio Camp Nou itu dijamin takkan merugi jika mendatangkan Alaba. Sebab, pemain yang sempat dipinjamkan Bayern ke Hoffenheim itu memiliki versatilitas tinggi. Selain piawai beroperasi sebagai fullback kiri, Alaba juga fasih saat dimainkan di posisi bek tengah dan juga gelandang sentral.

Karena itu ketika Gerard Pique kehilangan tandem semisal Samuel Umtiti, Thomaes Vermaelen dan Yerry Mina mengalami cedera, tenaga Alaba dapat dimanfaatkan. Begitu juga di lini tengah. Ketika Sergio Busquets absen karena cedera ataupun akumulasi kartu, Alaba bisa diturunkan.

Namun, jika dibandingkan dengan Alba, Alaba memiliki satu kekurangan yakni perihal membantu serangan. Bersama Bayern musim ini, Alaba baru mencetak satu gol dan tiga assist dari 34 penampilan di semua kompetisi. Sementara itu Alba tampil tajam dengan koleksi tiga gol dan sembilan assist dari 34 penampilan.

Akan tetapi dalam urusan defensif error, Alaba lebih baik ketimbang Alba. Alaba sama sekali belum membuat kesalahan dalam bertahan musim ini, berbanding satu milik Alba. Karena itu jika berhasil didatangkan, Alaba dapat dimainkan Barcelona ketika menghadapi tim-tim yang memiliki daya serang luar biasa. Sementara saat bertemu tim-tim yang di atas kertas dapat diatasi, Alba dapat dimanfaatkan untuk membantu serangan.

Meski begitu, tak mudah bagi Barcelona untuk mendatangkan Alaba. Sebab, Alaba merupakan pemain andalan Bayern saat ini. Hampir tak pernah dalam sejarah, Die Roten –julukan Bayern– menjual pemain andalannya ke tim lain. Apalagi, pesaing Alaba di sektor kiri pertahanan Bayern saat ini tinggal Juan Bernat. Karena itu, Barcelona butuh usaha ekstra keras untuk mendaratkan Alaba ke Estadio Camp Nou. (*)

BERITA REKOMENDASI