Mikel Arteta Kandidat Kuat Pelatih Baru Arsenal

LONDON, KRJOGJA.com – Arsenal memecat Unai Emery pada Jumat (29/11/2019), sore WIB. Freddie Ljungberg akan bertanggung jawab atas Arsenal untuk sementara waktu hingga pelatih baru direkrut. Ada empat sosok yang kemungkinan besar direkrut Arsenal yakni Mikel Arteta, Carlo Ancelotti, Massimiliano Allegri, and Nuno Espirito Santo.

Menurut laporan Indipendent, Jumat (29/11/2019), Arteta paling berpeluang untuk menjadi pelatih Arsenal selanjutnya. Sebab, Ancelotti masih terikat dengan Napoli begitu juga Nuno yang masih melatih Wolverhampton Wanderers.

Allegri mungkin tengah menganggur tetapi juru taktik berpaspor Italia itu belum pernah melatih di Inggris. Allegri dikhawatirkan sibuk dengan proses adaptasinya sendiri di Inggris sehingga kesulitan membawa Arsenal bangkit. Sementara itu, Arteta adalah pilihan yang paling memungkinkan karena kini hanya mejabat sebagai asisten pelatih di Manchester City.

Arteta pun pernah amat dekat untuk menukangi Arsenal pada musim panas 2018 tetapi skenario itu gagal. Arsenal lebih memilih Emery yang memegang tugas penting tersebut. Emery pada musim perdananya dengan Arsenal gagal menghadirkan trofi apa pun ke Emirates Stadium. Bahkan The Gunners –julukan Arsenal– juga gagal mengamankan posisi empat besar sehingga hanya bermain di Liga Eropa pada musim 2019-2020.

Pada musim ini, Emery diberi amanah untuk membawa Arsenal tampil apik tetapi kembali gagal. Buktinya Arsenal nihil kemenangan dalam tujuh pertandingan terakhir di semua kompetisi. Dari tujuh pertandingan itu, tiga di antaranya berakhir dengan kekalahan.

Kekalahan teranyar yang didapatkan Arsenal ialah takluk 1-2 dari Eintracht Frankfurt dalam matchday kelima Grup F Liga Eropa 2019-2020. Kekalahan itu terasa lebih menyakitkan karena terjadi di kandang mereka sendiri, Emirates Stadium pada Jumat (29/11/2019), dini hari WIB.

Kini setelah Emery dipecat maka Arsenal bisa mendekati Arteta kembali. Arteta yang pernah membela Arsenal selama lima musim (2011-2016) diperkirakan amat tertarik andai ditawarkan melatih tim yang pernah ia bela tersebut. Jika hal itu terjadi maka ini merupakan pengalaman pertama Arteta menjadi pelatih kepala.

 

BERITA REKOMENDASI