Milan Takluk dari Arsenal, Gattuso Tak Mau Salahkan Wasit

LONDON (KRjogja.com) – Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso, tak mau menyalahkan wasit Jonas Eriksson yang memimpin jalannya pertandingan timnya kontra Arsenal di lanjutan leg II 16 besar Liga Eropa 2017-2018, Jumat (16/3/2018) dini hari WIB. Rino –sapaan akrab Gattuso– menyebut Milan tak mau mencari-cari alasan setelah timnya takluk 1-3 dari Arsenal dalam laga yang digelar di Stadion Emirates itu.

Dalam laga tersebut, Milan sebenarnya unggul lebih dulu pada menit 35 lewat sepakan jarak jauh Hakan Calhanoglu. Keunggulan 1-0 itu meningkatkan motivasi Rossoneri –julukan Milan– untuk mengejar ketertinggalan agregat 0-2 mereka dari Arsenal pada leg I.
Akan tetapi nasib buruk menerpa mereka empat menit kemudian. Saat itu wasit Eriksson memberikan hadiah penalti kepada Arsenal. Dalam pandangan wasit asal Swedia itu, fullback kiri Milan Ricardo Rodriguez melakukan pelanggaran kepada penyerang Arsenal, Danny Welbeck. Dalam siaran ulang, Rodriguez terlihat menyentuh Welbeck, namun kontaknya sangat minim.

Karena itu, banyak pihak menilai Milan tidak layak dihukum penalti. Meski begitu pada akhirnya, hadiah penalti tersebut pun dikonversi The Gunners –julukan Arsenal– secara sempurna. Welbeck yang ditunjuk sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik, sekaligus mengubah skor menjadi 1-1 dan bertahan hingga babak pertama usai.

Kebobolan satu gol jelas merusak konsentrasi Milan. Akibatnya Arsenal dapat bermain lebih lepas di babak kedua. Alhasil di paruh kedua pertandingan, Arsenal sanggup mencetak dua gol tambahan via tembakan jarak jauh Granit Xhaka pada menit 71 dan sundulan Welbeck 15 menit kemudian. Arsenal pun lolos ke perempatfinal dengan agregat 5-1.

“Saya tidak ingin membicarakan soal wasit. Kami tidak mencari alasan atau menyebut kami kurang beruntung. Welbeck adalah seorang penyerang dan ia tahu apa yang harus dilakukan, namun kami tak bisa menyamakan aksi itu sebagai penyamarataan. Sebab banyak aksi bagus yang ditunjukkan sepakbola Inggris. Saya tak ingin menghakimi,” kata Gattuso mengutip dari Sportskeeda, Jumat (16/3/2018).

Sebenarnya di Liga Inggris sendiri, FA (PSSI-nya Inggris) sejak awal musim ini sudah membuat peraturan yang akan menghukum pelaku diving. Bagi pemain yang terindikasi melakukan diving, akan mendapatkan skorsing larangan tampil di dua pertandingan. (*)

BERITA REKOMENDASI