Mourinho Sindir Liverpool Soal Pembelian Van Dijk

MANCHESTER (KRjogja.com) – Pembelian bek Southampton, Virgil van Dijk, yang dilakukan Liverpool dengan merogoh kocek 75 juta pounds atau sekira Rp1,3 triliun nyatanya juga menarik perhatian manajer Manchester United, Jose Mourinho. Pasalnya, Mourinho sudah tak mampu menahan kegeramannya terhadap manajer Liverpool, Jurgen Klopp, yang sempat menyindirnya setahun lalu.

Hal tersebut terjadi kala Man United memutuskan untuk memulangkan gelandang mereka, Paul Pogba, dari Juventus dengan harga 89 juta pounds atau sekira Rp1,6 triliun pada bursa transfer musim panas 2016. Saat itu, Klopp berkomentar bahwa apa yang dilakukan Man United tersebut merupakan hal yang tak patut ditiru, karena menghabiskan banyak uang hanya untuk seorang pemain saja

Meskipun pada saat itu performa Pogba tengah dalam puncaknya, namun Klopp tetap menilai hal tersebut tidak masuk akal. Menurutnya, sepakbola merupakan permainan tim, bukan hanya satu orang belaka. Bahkan, manajer asal Jerman itu mengatakan ia tak mau meniru membeli pemain dengan harga mahal seperti itu.

“Jika Anda membeli seorang pemain dengan harga 100 juta pounds dan dia cedera, maka semua akan berjalan melalui cerobong asap. Pada hari ketika sepakbola berlangsung seperti itu, saya tidak akan bekerja lagi, karena pertandingan adalah tentang bermain bersama,” ucap Klopp kala itu, menyadur dari Four Four Two, Sabtu (30/12/2017).

“Klub lain bisa pergi keluar dan menghabiskan lebih banyak uang dan mengumpulkan para pemain top. Saya ingin melakukannya dengan cara berbeda. Saya bahkan akan melakukannya secara berbeda jika saya bisa menghabiskan uang itu,” lanjut Klopp.

Benar saja apa yang dilakukan oleh Klopp tersebut. Pasalnya, setelah setahun berselang, eks manajer Borussia Dortmund itu benar-benar melakukan cara yang berbeda untuk menghabiskan uang besar transfer. Bila biasanya biaya besar digelontorkan untuk memboyong striker atau winger atau gelandang, Klopp justru menghabiskan untuk memboyong seorang bek.

Patut dicatat, harga pembelian Pogba dan Van Dijk tak berbeda terlalu jauh, yakni hanya 14 juta pounds saja. Tak ayal, hal tersebut pun menjadi bahan ejekan Mourinho. Manajer asal Portugal itu bahkan mengatakan bahwa ia menjadi wartawan, ia akan mempertanyakan pernyataan Klopp setahun lalu.

“Jika saya merupakan salah satu dari Anda (wartawan), saya akan menanyakan kepadanya (Klopp) mengenai komentarnya setahun lalu. Saya tidak berbicara spesifik mengenai kasus itu karena di Liverpool, mereka melakukan apa yang mereka ingin lakukan dan saya bukanlah siapa-siapa untuk mengomentari apa yang mereka lakukan,” ucap Mourinho.

“Kenyataannya adalah bahwa mereka berpikir si pemain merupakan pemain yang tepat bagi mereka dan mereka benar-benar menginginkan si pemain, mereka membayar jumlah tersebut atau mereka tidak akan memiliki si pemain. Begitulah transfer sekarang ini,” tandas Mourinho. (*)

BERITA REKOMENDASI