Mourinho Ungkap Rahasia Tak Betah di Madrid

LONDON (KRjogja.com) – Sebelum kembali ke Liga Inggris pada 2013, pelatih Jose Mourinho pernah menangani Real Madrid selama tiga musim. Meski bisa dibilang cukup lama, Mourinho ternyata tidak benar-benar suka dan betah melatih El Real -julukan Madrid.

Fakta ketidaksukaan Mourinho saat melatih Madrid terungkap dalam buku ‘Jose Mourinho Up Close and Personal’ yang ditulis oleh penulis sekaligus pandit sepakbola asal Inggris, Rob Beasley. Di dalam buku itu, Mourinho menceritakan segala yang dirasakannya soal Los Blancos.

The Special One -julukan Mourinho- mengakui bahwa dia memiliki segalanya di Madrid. Akan tetapi, satu hal yang dinilainya sangat kurang saat ia bersama Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan adalah semangat tim.

“Segalanya, tapi tidak dengan semangat tim. Tidak banyak manajer yang bisa bertahan di sana selama tiga tahun,” kata Mourinho dalam buku ‘Jose Mourinho Up Close and Personal’, sebagaimana diberitakan Daily Mail, Sabtu (24/9/2016).

Politik klub menjadi alasan utama Mourinho tidak betah di Madrid. Ia juga mencontohkan tidak adanya persatuan dalam skuad, salah satunya saat tidak ada satu pemain pun yang datang ke acara ulang tahun ke-30 pemain El Real yang dipinjam dari Chelsea saat itu, Michael Essien. Menurut Mourinho, saat itu hanya dirinya yang datang dan melihat kesedihan di wajah Essien. (*)

 

BERITA REKOMENDASI