Musim Ini Momen Kebangkitan Real Madrid

Real Madrid menjalani musim 2018-2019 dengan performa yang benar-benar buruk. Diunggulkan untuk bisa bersaing dengan sang rival abadi, Barcelona, di seluruh kompetisi, Los Blancos –julukan Madrid– justru melempem.

Di Liga Champions, kompetisi yang didominasi Madrid dalam tiga musim terakhir, kiprah mereka hanya sampai babak 16 Besar. Secara mengejutkan Madrid disingkirkan oleh tim kuda hitam, Ajax Amsterdam, dengan agregat 3-5.

Sementara di ajang Copa del Rey 2018-2019, Madrid sebenarnya tampil cukup menjanjikan hingga berhasil mencapai semifinal dan berhadapan dengan Barcelona. Namun sayang, Madrid kembali menerima hasil negatif dengan takluk secara agregat 1-4 dari Blaugrana –julukan Barcelona.

Di Liga Spanyol, kiprah Madrid tidak jauh berbeda. Bahkan Madrid sempat terlempar dari posisi enam besar untuk pertama kali dalam sekian puluh tahun. Beruntung pada akhirnya, Madrid mampu finis di posisi ketiga pada klasemen akhir Liga Spanyol 2018-2019 di bawah Atletico Madrid dan Barca.

Buruknya penampilan Madrid di sepanjang musim 2018-2019 sampai-sampai membuat manajemen memecat pelatih mereka sebanyak dua kali. Sosok pertama yang menjadi korban adalah Julen Lopetegui yang digantikan oleh Santiago Solari.

Akan tetap, kiprah Solari menjadi pelatih Madrid hanya berumur empat bulan. Posisinya sebagai juru taktik Madrid pun diberikan kepada sosol lama, yakni Zinedine Zidane. Hadirnya Zidane pun membuat sejumlah perombakan pada skuad Madrid terutama di bursa transfer musim panas 2019.

Terhitung terdapat lima wajah baru yang didatangkan Zidane untuk memperkuat skuad mereka di musim 2019-2020. Kelima pemain tersebut ialah Rodrygo (Santos FC), Ferland Mendy (Olympique Lyon), Eder Militao (FC Porto), Luka Jovic (Eintracht Frankfurt), dan Eden Hazard (Chelsea).

Hadirnya wajah-wajah baru tersebut pun membuat para Madridista –sebutan pendukung Madrid– kian tak sabar menantikan kiprah tim kesayangannya di musim baru nanti. Terlebih dengan adanya sosok Zidane di pinggir lapangan yang memang berjasa membawa Madrid meraih kesuksesan dalam beberapa tahun terakhir.

 

BERITA REKOMENDASI