NBA Berikan Pelatihan 500 Guru dan 300 Sekolah

YOGYA, KRJOGJA.com – National Basketball Association (NBA) dan Pemerintah DIY menjalin kerja sama dalam menghadirkan Akademi Pelatih Jr  NBA di Yogyakarta yang dikenal sebagai kota pelajar. Akademi Pelatih Jr NBA bertujuan untuk mengembangkan olahraga basket melalui pelatihan lapangan, penguatan dan pengkondisian tubuh, dan pendidikan terhadap olahraga basket kepada guru dan murid. Akademi Pelatih Jr NBA ini memberikan pendidikan basket kepada lebih 500 guru olahraga dan 300 sekolah di DIY, yang dilangsungkan di GOR Among Raga, Yogya, Senin (30/4/2018).

“Para guru olahraga di Yogyakarta sangat menghargai kesempatan untuk mempelajari standar pelatihan NBA di bawah arahan para profesional,” kata Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur DIY. “Akademi pelatihan Jr NBA akan memberikan dampak positif kepada pelatih, guru dan juga generasi muda Yogyakarta, dan kami pun sangat mendukung kegiatan ini karena menyerukan pentingnya hidup aktif dan sehat”.

Pada kesempatan tersebut, putri bungsu Sri Sultan Hamengku Buwono X, sekaligus perwakilan KONI DIY, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendoro mendapat pelatihan khusus dari Associate Vice President, Basketball Operations NBA, Carlos Barroca dihadapan hampir 800 guru yang menjadi peserta Jr NBA Coaches Academy di Yogyakarta.”Kegiatan peningkatan kapasitas guru basket secara profesional ini pertama kalinya digelar di Kota Pelajar (Yogya) setelah sebelumnya NBA menggelar kegiatan serupa di DKI Jakarta dan Sumatera Selatan,” ujar panitia penyelenggara Nury Sybli dari Praxis Pr, Rabu (2/5/2018).  

Pembukaan pelatihan Jr NBA tersebut dihadiri pula Sekretaris Deputi Kantor Regional Kesejahteraan Rakyat DIY Drs Sulistyo SH CN MSi sekaligus secara resmi membuka kegiatan Akademi Pelatih Jr NBA di Yogyakarta.    

Para peserta Akademi Pelatih Jr  NBA akan menerima pembekalan agar dapat mendorong dan memfasilitasi partisipasi para muridnya, termasuk panduan pelatihan dengan kurikulum program di sekolah dan ekstrakurikuler, akses terhadap sumber online di website Jr. NBA, dan peralatan pelatihan dasar.

Tidak hanya dengan Pemda DIY Januari lalu, NBA dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga melakukan kerja sama dengan mengadakan workshop berdurasi selama satu hari, sebanyak 10 kali dan telah menjangkau lebih dari 3.700 pelatih dan guru olahraga dari 3.000 sekolah di seluruh DKI Jakarta. Ditambah lagi, pada September 2017, NBA dan pemerintah daerah Sumatera Selatan bekerja sama mengadakan rangkaian workshop kurikulum Jr NBA di enam kota di Sumatera Selatan, yang menjangkau hingga lebih dari 2.000 pelatih dan guru olahraga di seluruh provinsi.

Jr NBA, adalah program partisipasi olahraga basket global untuk anak-anak laki-laki dan perempuan, mengajarkan keahlian dasar dan juga nilai-nilai inti dari pertandingan yang dimulai dari level dasar sebagai bentuk usaha untuk menumbuhkan dan memperbaiki pengalaman olahraga basket para pemuda, bagi pemain, pelatih dan orangtua. Selama musim 2017-18, NBA akan menjangkau 26 juta anak-anak yang tersebar di 71 negara melalui berbagai kamp, klinik, tantangan keterampilan, pertandingan liga dan program dengan jangkauan luas. Program Jr. NBA di Indonesia yang dipersembahkan Frisian Flag telah diadakan sejak 2014 dan pernah menjangkau beberapa kota besar seperti Bandung, Jakarta dan Surabaya.(Rar)

 

BERITA REKOMENDASI