Neymar Terancam Absen Bela Brasil di Piala Dunia 2018

RIO DE JANEIRO (KRjogja.com) – Megabintang Paris Saint-Germain (PSG) Neymar Jr berpotensi absen di Piala Dunia 2018. Hal itu karena proses penyembuhan cedera metatarsal yang dialami pesepakbola berusia 26 tahun tersebut diperkirakan membutuhkan waktu tiga bulan.

Neymar mengalami cedera engkel dan metatarsal saat membela PSG kontra Marseille di lanjutan pekan 27 Liga Prancis 2017-2018 akhir pekan lalu. Saat itu, kaki Neymar tersangkut kaki gelandang Marseille, Bouna Sarr. Alhasil, kaki Neymar tertekuk dan membuatnya mengerang kesakitan.

Setelah menjalani pemeriksaan awal, engkel Neymar didiagnosis sedikit terkilir dan ada keretakan pada metatarsalnya. Awalnya, ia diperkirakan akan absen satu bulan. Namun, setelah diperiksa lebih lanjut, Neymar wajib melakukan operasi dan membuatnya berpotensi absen dari dunia si kulit bulat selama tiga bulan.

“Waktu penyembuhan cedera Neymar kemungkinan berlangsung dalam dua setengah hingga tiga bulan,” kata dokter Tim Nasional (Timnas) Brasil, Rodrigo Lasmar, mengutip dari Football Espana, Jumat (2/3/2018).

Jika penyembuhan cedera memakan waktu tiga bulan, Neymar harus berpacu dengan waktu. Sebab Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia akan bergulir pada 10 Juni. Hal itu berarti, jika pun nama Neymar disertakan pelatih Brasil, Tite, ke dalam 23 pemain yang dibawa ke Rusia, ayah satu anak tersebut akan melewatkan sejumlah laga uji coba yang dilakoni Canarinha –julukan Timnas Brasil.

Tidak hanya laga persahabatan, pertandingan Brasil di fase grup bukan tak mungkin juga harus dilewatkan mantan pemain Barcelona tersebut. Jelas, Neymar tak ingin nasib buruk yang menimpa dirinya di Piala Dunia 2014 kembali terjadi tahun ini.

Di Piala Dunia 2014, Neymar tampil impresif. Pada lima laga awal, Neymar mencetak empat gol. Akan tetapi di laga kelima (perempatfinal) itu juga, Neymar mengalami cedera punggung setelah mendapat terjangan dari fullback Kolombia, Juan Zuniga. Alhasil, Neymar harus absen hingga Piala Dunia 2014 kelar.

Menjadi ironis karena kiprah Brasil langsung terhenti di semifinal. Secara tak terduga, Brasil yang berstatus sebagai tuan rumah dihancurkan Jerman dengan skor 1-7! Bahkan di perebutan posisi tiga Brasil juga takluk 0-3 dari Belanda. (*) 

BERITA REKOMENDASI