Nina Gusmita, Atlet Cantik Cabor Voli Duduk

Editor: Ivan Aditya

CANTIK ramah dan percaya diri. Itulah penampilan yang ditunjukan Nina Gusmita (20), salah satu atlet difabel yang memperkuat tim voli duduk Indonesia pada Asian Para Games 2018 Jakarta.

Status atlet difabel disandang Nina baru sekitar 2 tahun ini. Sebelumnya putri sulung pasangan Rusmiyanto dan Kasmiyati Ari asal Medan ini merupakan atlet voli normal. Tapi pada 2016 mengalami kecelakaan kaki kanannya dilindas truk dan harus diamputasi.

Baca juga :

Lewat Pawai Obor, Indonesia Siap Gelar Asian Para Games 2018

Joko Widodo Main Tenis Meja Dengan Atlet Paragames

Insiden itu dialami ketika ia duduk di kelas 3 SMA Negeri 13. "Sepulang dari latihan voli saya senggolan dan ditabrak truk. Kaki remuk harus diamputasi. Saat itu saya nggak pingsan melihat kaki remuk," kata Nina.

Atas kejadian ini banyak teman-teman yang datang dan menyemangati, salah sarunya pengurus olahraga difabel. Nina didorong melanjutkan prestasi volinya, saran itu diterima sekaligus dijalankan. "Sekitar empat bulan setelah sehat saya sudah ikut latihan," ujarnya.

Tak lama kemudian dipangkil National Paralympic Committe (NPC) untuk mengikuti pemusatan latihan voli duduk Asean Para Games 2017 Malaysia. Namun timnya batal berangkat karena tidak dipertandingkan dan sekarang kesempatan Nina untuk menorehkan prestasi di Asian Para Games Jakarta. (Qom)

BERITA REKOMENDASI