Obsesi Indra Sjafri Bawa Timnas Indonesia U-22 Ulang Prestasi SEA Games 1991

MANILA, KRJOGJA.com – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22, Indra Sjafri, berambisi membawa Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 meraih medali emas SEA Games 2019 Manila, Filipina. Juru taktik asal Sumatera Barat itu ingin mengulangi sukses Timnas Indonesia pada SEA Games 1991, yang mana juga digelar di Manila, Filipina.

Pada SEA Games 1991 yang digelar di Manila, Timnas Indonesia keluar sebagai kampiun setelah di final mengalahkan Thailand 4-3 via adu penalti. Sebelumnya bermain di waktu normal, skor sama kuat 0-0.

Sayangnya setelah keberhasilan di atas, Timnas Indonesia tak pernah lagi menjadi yang terbaik di ajang SEA Games. Pencapaian terbaik Timnas Indonesia hanyalah merebut medali perak, tepatnya pada 1997, 2011 dan 2013.

Karena itulah, mumpung SEA Games kembali diselenggarakan di Filipina, Indra Sjafri berambisi mengantarkan Muhammad Rafli dan kawan-kawan menjadi kampiun. Terlebih, Indra Sjafri berpengalaman mengantarkan tim-tim asuhannya menjadi jawara di level Asia Tenggara.

Pada 2013, Indra Sjafri mengantarkan Timnas Indonesia U-19 menjadi yang terbaik di Piala AFF U-19. Kemudian pada awal tahun ini, eks pelatih Bali United itu membawa Timnas Indonesia U-22 menjadi kampiun Piala AFF U-22 2019. Serangkaian modal itulah yang diharapkan dapat membawa Timnas Indonesia U-22 berjaya di SEA Games 2019.

"Kalau ditanya siapa tim terbaik? Jawabannya kita lihat saja siapa yang tampil sebagai juaranya nanti. Saat ini saya belum bisa menjawab, karena pertandingannya saja belum dimulai," kata Indra Sjafri mengutip dari laman resmi PSSI, Senin (25/11/2019).

"Kita akan berjuang. Karena keberadaan kami di sini adalah menjalankan misi untuk mengulang sejarah menjadi juara. Indonesia terakhir menjadi juara SEA Games pada tahun 1991 dan itu terjadi di Manila. Inilah yang kita perjuangkan," lanjut Indra Sjafri.

Di SEA Games 2019, Timnas Indonesia U-22 tergabung di Grup B bersama Thailand, Vietnam, Singapura, Laos dan Brunei Darussalam. Pada Selasa 26 November 2019 sore WIB, Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Thailand di laga pertama.

 

BERITA REKOMENDASI