Paham Seluk Beluk Barcelona, Koeman Bakal Sukses

BARCELONA, KRJOGJA.com – Kedatangan Ronald Koeman sebagai Pelatih Barcelona menghadirkan harapan baru. Tekad untuk menuai kesuksesan membuat pria asal Belanda itu dijagokan memberikan prestasi terbaik. Salah satu yang mendukungnya adalah putra dari mendiang Johan Cruyff, Jordi.

Sebagaimana diketahui, Ronald Koeman dipilih oleh manajemen Barcelona guna menggantikan Quique Setien pada pekan lalu. Pria berusia 57 tahun itu diyakini sebagai kandidat yang tepat karena memahami seluk beluk Barcelona.

Betapa tidak, Ronald Koeman adalah mantan pemain Barcelona pada 1989-1995. Ia juga merupakan pahlawan Blaugrana dalam raihan trofi Liga Champions pertama, 1991-1992. Kini, mantan pelatih Southampton itu ditugaskan membawa klubnya terbang tinggi.

Jordi Cruyff yakin Ronald Koeman adalah orang yang tepat untuk tantangan tersebut. Sebab, ia pernah merasakan bagaimana menjadi bagian dari Dream Team asuhan Johan Cruyff sehingga pantas dipercaya mengasuh Barcelona.

“Dalam momen sulit seperti ini, cara terbaik adalah mengingat seseorang yang mengidentifikasi klub dan tahu luar dalam. Karena itu, nama seperti Ronald Koeman dan Xavi Hernandez akan selalu disambut oleh Barcelona. Tidak ada orang yang bisa membantah Koeman menunjukkan keinginan kuat dan berani mengambil tugas sulit ini,” ujar Jordi Cruyff, dilansir dari Goal, Selasa (25/8/2020).

“Dia tahu klub ini lebih dari siapa pun, atmosfernya, betapa sebuah kekalahan terasa sangat sakit, dan kemenangan sangat manis. Dia terhubung dengan baik ke Barcelona dan suporternya,” sambung pria berusia 46 tahun tersebut.

Salah satu yang membuat Jordi Cruyff terkesan adalah Ronald Koeman berani keluar dari posisinya sebagai pelatih Tim Nasional (Timnas) Belanda. Padahal, Der Oranje sedang dalam trek yang benar guna menyambut Piala Eropa 2020 pada musim panas 2021.

“Bagi Koeman, opsi termudah adalah bertahan di Belanda dan memimpin timnas untuk Piala Eropa. Namun, dia memilih mengambil tugas di Barcelona yang baru saja dipermalukan oleh Bayern. Koeman akan didukung oleh suporter karena mereka ingin melihat bekas pemain sukses di sini,” imbuh Jordi Cruyff.

“Koeman tahu tugas dan tantangan di depan. Ini waktunya untuk perubahan yang menyakitkan, tetapi dia membawa ketenangan dalam proses tersebut. Ia juga membawa ilusi dan gairah untuk sukses. Gairah itu menjadi mimpi bersama semua pihak di sini,” tukasnya.

Ronald Koeman memang belum leluasa untuk bergerak sebagai pelatih Barcelona. Namun, pria yang diikat kontrak hingga Juni 2022 itu disebut-sebut sudah menginformasikan kepada sejumlah pemain yang tidak masuk rencananya, untuk segera mencari klub baru.

BERITA REKOMENDASI