Pakai Formasi Coba-Coba, PSS Tahan Imbang PSM

MAKASSAR, KRJOGJA.com – PSS berhasil mencuri poin di laga tandang terakhir Liga 1 2019 melawan PSM, Minggu (15/12/2019) malam. Unggul terlebih dahulu melalui gol Yevhen Baha di masa perpanjangan waktu babak pertama, PSS mampu memaksa pertandingan berakhir imbang 1-1. 

PSS menjajal formasi menarik dengan memasang sejak awal putra Makassar, Ardan Aras. Pelatih PSS, Seto Nurdiantoro memberi kesempatan pada pemain tersebut yang direkrut dari Martapura setengah musim lalu. 

Skema 4-3-3 yang biasanya diusung diubah menjadi 4-2-3-1 dengan menempatkan dua gelandang bertahan Guilherme Batata dan Ardan Aras melengkapi Wahyu Sukarta di tengah. Sementara Rangga Muslim dan Arsyad Yusgiantoro mengisi posisi flank dengan Yevhen Baha sebagai ujung tombak. 

PSS berhasil unggul terlebih dahulu di akhir babak pertama. Skema apik kerjasama Wahyu Sukarta dan Rangga Muslim diakhiri sepakan Yevhen yang menghujam jala gawang Rifky Mokodompit. 

Di paruh kedua, tepatnya menit 67, PSM mendapat hadiah penalti setelah asisten wasit menilai ada handsball di dalam kotak terlarang. Keputusan tersebut dinilai kontroversial lantaran bola mengenai paha Purwaka Yudi. 

Aaron Evans yang maju sebagai eksekutor sukses mengelabuhi Try Hamdani. Papan skor pun berubah 1-1 yang ternyata bertahan hingga 90 menit usai. 

Usai laga, Seto Nurdiantoro menyebut sengaja menggunakan formasi baru seperti saat laga melawan Persela. Para pemain dinilai lebih baik menerapkan skema baru hingga mampu membawa pulang satu poin dari Stadion Andi Matalatta. 

“Kami sedang belajar formasi ini, di Lamongan belum berjalan maksimal, hari ini lebih baik diperagakan anak-anak. Kami bersyukur dapat satu poin dari sini, meski kami masih belajar juga dengan formasi ini,” ungkap Kak Seto. 

Tambahan satu poin sementara membuat PSS berada di posisi 7 klasemen dengan total 45 poin. PSM sendiri di posisi 9 klasemen dengan raihan 44 angka. 

PSS masih memiliki satu laga sisa di Maguwoharjo melawan Tira Kabo 20 Desember mendatang. Bila menang, PSS mengantongi poin maksimal 48. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI