Pamit ke Publik PSS, Viola Kurniawati Ungkap Belum Bisa ‘Move On’

SLEMAN, KRJOGJA.com – Viola Kurniawati pamitan bersama wartawan sepakbola Yogyakarta dan unsur timnya di PSS, Selasa (3/9/2019) siang setelah resmi tak lagi menjadi CEO. Viola menyampaikan rasa terimakasih atas perjalanan menyenangkan selama tiga bulan berada di tim kebanggaan masyarakat Sleman tersebut. 

Viola kepada wartawan mengungkap momen-momen yang membuatnya akan sulit meninggalkan Sleman. Satu yang paling tak bisa dilupakan yakni saat Sleman Fans menyanyikan chant dirimya di dalam stadion. 

“Nama saya dinyanyikan dalam chant. Saya merasa ini sangat spesial karena saya merasa disayang banyak sekali orang, bahkan tidak akan mungkin saya dapatkan di tanah kelahiran saya sendiri. Rasanya luar biasa sekali dan membuat saya susah move on,” ungkap Viola yang resmi tak lagi menjabat CEO PSS sejak 1 September. 

Sebelum memutuskan mengajukan pengunduran diri dan akhirnya meninggalkan PSS, Viola mengaku sempat berpikir cukup panjang dan mempertimbangkan banyak hal. Namun, ia akhirnya tiba dalam satu titik yang menurutnya menunjukkan perbedaam visi fundamental yang membuatnya mantap mundur. 

“Mungkin ibaratnya, misalnya mau pergi ke Jakarta saya maunya naik pesawat agar cepat dan efisien, tapi ada pihak lain yang inginnya naik motor. Tidak ada yang salah memang, tapi ada perbedaan yang akhirnya membuat saya memilih mundur,” imbuh figur yang sempat menjadi satu-satunya CEO perempuan di Liga 1 2019 ini. 

Tiga bulan bekerja, Viola mengatakan ia bersama tim telah menanamkan sistem yang akan dikerjakan PSS paling tidak selama tiga tahun kedepan. Ia merasakan kebebasan berinovasi mewujudkan pemikiran yang sebelumnya hanya dipendam dalam angan saja. 

“Saya rasa cukup meletakkan pondasi sistem di PSS dan harapannya bisa berjalan dengan baik kedepan. Siapapun yang akan melanjutkan harusnya bisa karena sudah ada sistemnya. Harapannya, siapapun yang nantinya menjadi CEO harus punya passion dan kalau boleh diibaratkan supir ya diberi bensin,” ungkapnya lagi. 

Ketika disinggung ke mana akan berlabuh, Viola mengaku belum memikirkan karena ia akan pulang ke Jakarta terlebih dahulu dan berlibur. Ia tak menampik ada beberapa tim menawarkan pekerjaan namun ia belum memutuskan akan memilih kelanjutan karier di dunia sepakbola. 

“Sekarang masih belum bisa move on. Dulu saya sempat patah semangat sama bola ketika di Jakarta dengan tekanan luar biasa. Saya patah hati. Tapi ketika saya ke sini (Sleman) rasanya jatuh cinta lagi, ternyata masih ada kebahagiaan di sepakbola. Biar move on dululah,” pungkas Viola. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI