Park Hang Seo Wujudkan Mimpi 60 Tahun Vietnam

MANILA, KRJOGJA.com – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Vietnam U-22, Park Hang-seo, bangga dapat mengantarkan anak asuhnya merebut medali emas SEA Games 2019. Sebab, satu keping medali emas itu sudah ditunggu oleh masyarakat Vietnam sejak reunifikasi pada 30 April 1975.

Sekadar informasi, Vietnam pernah merebut medali emas SEA Games pada edisi perdana, yaitu 1959. Namun, saat itu mereka masih terpisah antara Vietnam Utara dan Selatan akibat perang saudara. Setelah reunifikasi, Timnas Vietnam baru sebatas masuk final sebanyak lima kali.

Park Hang-seo mengatakan, ketika ditunjuk menjadi Pelatih Timnas Vietnam senior dan U-23 pada 2917, dirinya bermimpi dapat membawa The Golden Stars merajai Asia Tenggara. Mimpi itu setidaknya sudah terwujud dengan raihan Piala AFF 2018 serta medali emas SEA Games 2019.
Pelajar Indonesia hebohkan ilmu kesehatan ! Ternyta menghilangkan rasa nyeri pada sendi cukup dengan

“Ketika saya ditugaskan melatih Vietnam, saya bermimpi untuk memenangi Piala AFF dan SEA Games. Ini adalah mimpi yang dicapai masyarakat Vietnam dalam 60 tahun terakhir,” tutur Park Hang-seo, dikutip dari laman resmi Federasi Sepakbola Vietnam, Rabu (11/12/2019).

“Faktanya, kemenangan ini adalah warisan dari para pendahulu, para senior sudah mengumpulkan semangat dan hari ini tim telah menang. Setelah turnamen ini, tim masih memiliki banyak pekerjaan yang dilakukan, salah satunya persiapan Piala Asia U-23 2020,” sambung pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu.

Yang lebih membanggakan, Vietnam mampu mengawinkan dua medali emas dari sepakbola putra dan putri. Timnas sepakbola putri Vietnam sudah lebih dulu meraih medali emas setelah menaklukkan Thailand beberapa hari lalu. Itu merupakan medali emas keenam di SEA Games buat para gadis dari Negeri Paman Ho. (*)

BERITA REKOMENDASI