Pasang Standar Tinggi, Guardiola Nilai Liverpool Sulit Disaingi

SOUTHAMPTON, KRJOGJA.com – Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, mengakui ketangguhan Liverpool pada musim ini. Saking tangguhnya, Guardiola merasa setiap tim di Liga Inggris, termasuk Man City, kesulitan untuk bersaing dengan Liverpool karena mereka dinilai menerapkan standar tinggi.

Liverpool memang telah menjelma menjadi begitu kuat pada musim ini. Mereka berhasil memuncaki klasemen sementara Liga Inggris 2018-2019 dengan torehan 54 poin. Kemenangan atas Arsenal yang diraih dini hari tadi pada pekan ke-20 Liga Inggris 2018-2019 telah membuat tim asuhan Jurgen Klopp itu unggul sembilan poin atas Tottenham Hotspur yang kini berada di posisi kedua.

Dengan kondisi ini, Guardiola merasa Liverpool sulit untuk ditandingi. Padahal, Man City sendiri dinilai telah menunjukkan penampilan yang apik di sepanjang musim ini. Mereka bisa mengemas 44 poin di paruh pertama musim yang sebenarnya dinilai ideal untuk merengkuh gelar juara jika mengikuti standar yang ada.

Tetapi, karena kekuatan yang luar biasa, Guardiola merasa The Reds –julukan Liverpool– telah membuat standar yang sangat tinggi. Alhasil, peluang besar pun dimiliki mereka untuk meraih gelar juara musim ini.

"Kami melakukannya dengan baik sejauh ini. Kami mendapat 44 poin di paruh pertama musim. Jika Anda mendapatkan jumlah poin yang sama di paruh kedua, itu akan menjadi 88 poin. Dengan 88 poin, Anda adalah juara. Anda memiliki angka untuk menjadi juara. Sebagian besar juara Liga Inggris dalam 20 tahun terakhir memenangkannya dengan poin lebih sedikit. Kami melakukannya dengan sangat baik,” ujar Guardiola, sebagaimana dikutip dari Goal, Minggu (30/12/2018).

“Tapi tentu saja, Anda memiliki dua pertandingan terakhir, melawan Crystal Palace dan Leicester, dan Anda memiliki perasaan itu, karena ada dua tim di sana sekarang yang lebih baik dari kami pada bulan lalu. Apa yang bisa kita katakan ketika Liverpool menjaga sembilan clean sheet dan mencetak banyak gol? Kami tidak dapat bersaing dengan itu dalam hal membandingkan diri kami dengan mereka,” tukasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI