Pekan ke-30, Madrid Gusur Barcelona dari Posisi Puncak

Editor: KRjogja/Gus

MADRID, KRJOGJA.com – Beberapa tim di La Liga Spanyol akhirnya telah menyudahi pekan ke-30 pada Senin (22/6/2020) dini hari WIB. Dengan begitu, kini semua tim sudah melakoni laga pekan ke-30 tersebut dan siap untuk menyambut pekan ke-31 yang dimulai sedari Selasa 23 Juni 2020 dini hari WIB.

Menariknya, dari pertandingan pekan ke-30 tersebut, posisi Barcelona yang awalnya berada di puncak klasemen kini harus turun ke peringkat kedua. Hal itu tak terlepas dari kemenangan 2-1 yang diraih Real Madrid atas Real Sociedad yang berlangsung dini hari tadi dan hasil imbang yang didapatkan Barcelona saat melawan Sevilla pada Sabtu 20 Juni 2020.

Sebenarnya Madrid dan Barcelona memiliki jumlah poin yang sama, yakni 65 poin. Namun, Madrid berhak berada di atas Barcelona karena skuad asuhan Zinedine Zidane itu unggul head-to-head dengan Blaugrana –julukan Barcelona.

Seperti yang diketahui, La Liga Spanyol menerapkan peraturan head-to-head menjadi penentuan yang siapa yang unggul jika memiliki poin yang sama di klasemen. Karena di musim ini Madrid mampu menahan Barcelona 0-0 di pertemuan pertama mereka pada Desember 2019 yang lalu dan menang 2-0 pada Maret 2020 silam, maka tim berjuluk Los Blancos itu jelas memiliki keunggulan head-to-head dengan Blaugrana.

Sebab itulah kini Madrid berada di puncak klasemen sementara La Liga Spanyol 2019-2020. Mereka berhasil menggusur Barcelona yang sudah cukup lama bertengger di urutan tertinggi pada kompetisi tersebut.

Sementara itu, kemenangan Atletico Madrid atas Real Vallodolid di pekan ke-30 membuat skuad asuhan Diego Simeone itu menempati peringkat ketiga dengan perolehan 52 poin. Sementara Sevilla yang hanya bisa mendapatkan hasil imbang harus puas turun ke urutan keempat meski sama-sama mempunyai 52 poin seperti Atletico.

Melengkapi lima besar, masih ada Getafe yang betah di posisi tersebut. Getafe yang hanya bisa meraih satu poin dari hasil 1-1 melawan SD Eibar membuat tim tersebut tak beranjak dari posisi kelima dengan raihan 48 poin.

BERITA REKOMENDASI