Pelatih Timnas Vietnam Klaim Wajib Rebut Medali Emas

Editor: KRjogja/Gus

MANILA, KRJOGJA.com – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Vietnam U-22, Park Hang-seo, mengaku bertanggung jawab untuk memenangi laga Final SEA Games 2019 kontra Indonesia, Selasa 10 Desember malam WIB. Sebab, satu keping medali emas nantinya akan menjadi bayaran yang setimpal atas pemberian dari masyarakat Negeri Paman Ho terhadap dirinya.

Park Hang-seo memang disambut bak pahlawan oleh masyarakat Vietnam setelah mengantarkan negara tersebut menjadi juara Piala AFF 2018. Pria asal Korea Selatan itu kini tengah membidik prestasi keduanya ketika dipercaya menukangi Timnas Vietnam U-22, yaitu medali emas SEA Games 2019.

Sekadar informasi, Timnas Vietnam belum pernah menyabet satu pun medali emas di ajang SEA Games. Prestasi terbaik mereka hanya lolos ke Final SEA Games 2009 di Laos. The Golden Stars harus puas menjadi runner-up setelah tumbang dari Malaysia.

Menariknya, kekalahan itu terjadi setelah Vietnam menjuarai Piala AFF 2008 nyaris setahun sebelumnya. Kini dengan status sebagai juara Piala AFF, Timnas Vietnam akan kembali merasakan Final SEA Games yang sekarang menjadi tanggung jawab Park Hang-seo untuk memenanginya.

“Kami hanya tinggal selangkah lagi dari medali emas SEA Games. Penggemar, staf pelatih, dan juga para pemain Vietnam bisa berbangga hati atas apa yang sudah kita capai di turnamen ini. Sekarang kami akan melakukan segalanya demi memenangi emas. Kami akan berjuang keras,” papar Park Hang-seo dalam konferensi pers di Stadion Rizal Memoriam, Manila, dikutip dari VNExpress, Senin (9/12/2019).

“Saya sudah mendapat banyak hal dari masyarakat Vietnam dan saya bertanggung jawab untuk memenangi pertandingan ini dan menyabet medali emas karena sekarang saya adalah pelatihnya. Saya harus fokus dengan tujuan Vietnam,” tegas pria berusia 64 tahun tersebut.

Pertandingan tersebut akan dihelat pada Selasa 10 Desember 2019 sekira pukul 19.00 WIB di Stadion Rizal Memoriam, Manila, Filipina. Timnas Vietnam U-22 diunggulkan dalam pertandingan tersebut karena selalu meraih hasil sempurna dari tujuh laga yang dijalani, termasuk menang 2-1 atas Indonesia di fase grup. 

BERITA REKOMENDASI